Jurnal Amal Pendidikan
Vol 2, No 3 (2021): Edisi Desember 2021

Paradigma Konsep Pembiayaan Pendidikan di Madrasah

Fauzi Fahmi (STAI Al-Hikmah Medan)
Masdar Limbong (STAI Al-Hikmah Medan)
Firmansyah Firmansyah (STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi)
Mukhtar Mukhtar (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)
Ach Fikri Fausi (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Pada dunia pendidikan memiliki hal yang sangat penting berkenaan dengan pembiayaan guna berjalan dengan efektif proses pembelajaran maka dibutuhkannya manajemen yang baik dalam mengelolah pembiayaan. Pendidikan akan berjalan dengan baik jika mampu memenuhi 8 Standar Nasioanl Pendidikan yang meliputi standar kompetensi lulusan, standar isi, standar sarana dan prasaran, standar proses, standar pengolahan, standar pendidik dan kependidikan, standar penilaian dan standar pembiayaan. Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan guna mendeskripsikan konsep pembiayaan pendidikan di madrasah secara kontinu dan menyeluruh. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan (library research) yang mengandalkan sumber bibliografi dari buku dan artikel di jurnal ilmiah yang berkaitan dengan pokok permasalahan. Temuan penelitian menunjukkan a) konsep manajemen pembiayaan pendidikan di madrasah meliputi (1) objek biaya, (2) informasi manajemen pendidikan, (3) pembiayaan, (4) keuangan, (5) anggaran, (6) biaya, dan (7) pemicu biaya; b) ruang lingkup dalam manajemen pembiayaan pendidikan di madrasah meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

japend

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal amal pendidikan adalah hasil pelaksanaan kegiatan penelitian yang sesuai dengan focus dan scope jurnal diantaranya: Manajemen Pendidikan, Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Bahasa, ...