Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran IPS dikelas VIII SMP IT Nurul Haromain Kota Banjar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan design quasi experimental dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah semua kelas VIII SMP IT Nurul Haromain Kota Banjar, dan sample terdiri dari kelas VIII A eksperimen menggunakan metode bermain peran dan kelas VIII B kontrol menggunakan metode ceramah. Ditentukan dengan teknik simple random sampling dengan memilih secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan dokumentasi. Penggunaan metode metode bermain peran pada pembelajaran IPS, yaitu disusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah bermain peran, membuat kuisioner untuk pengukuran kreativitas siswa. Pengujian Normalitas dengan menggunkan Chi-Square, Pengujian realibilitas dengan menggunakan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis uji-t. hasil penelitian penerapan metode bermain ditunjukan dari hasil rata-rata posttest siswa kelas eksperimen 59.50 sedangkan kelas kontrol adalah 53.00. maka, metode bermain beran dapat meningkatkan kreativitas siswa dikelas VIII SMP IT Nurul Haromain Kota Banjar.
Copyrights © 2022