Uniqbu Journal of Exact Sciences
Vol. 2 No. 3 (2021): Uniqbu Journal of Exact Sciences (UJES)

PENINGKATAN MUTU PELAYANAN JASA SERVICE BENGKEL KURNIA MOTOR DI KOTA NAMLEA: (Improving the Quality of Service Services Kurnia Motor Workshop in Namlea City)

Hamdani Kubangun (Universitas Iqra Buru)
Atina Buton (Universitas Iqra Buru)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2022

Abstract

Persaingan yang semakin ketat terjadi di dalam dunia otomotif khususnya produk sepeda motor, karena produk ini merupakan alat transportasi darat yang paling dominan banyak dimiliki dan dibutuhkan oleh masyarakat. Memang tidak mudah menjadi yang terbaik, selain harus menyediakan kualitas terbaik juga ada faktor pola perilaku konsumen yang tidak mudah ditebak, apalagi di Indonesia yang terdiri dari banyak pulau, sehingga memiliki ragam pola perilaku yang berbeda pula. Bengkel merupakan salah satu faktor utama bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya akan layanan perbaikan dan perawatan kendaraan yang mereka miliki. Untuk mengetahu kepuasan pelanggan dalam pelayanan maka penulis membuat penelitian dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Bengkel Kurnia Motor dan untuk mengetahui faktor pelayanan apa saja yang perlu di tingkatkan Bengkel Kurnia Motor untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Dari hasil pembahasan pelayanan sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dilihat dari uji korelasi sebesar r hitung 1,0 > r tabel 0,387, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan atau korelasi antara variabel pelayanan dengan variabel kepuasan, maka perlu faktor perbaikan pelayanan diantaranya membuat ruangan tuggu yang aman, menyediakan tempat parkir dan memberi garansi kepada pelanggan.

Copyrights © 2021