JURNAL PENDIDIKAN, SAINS DAN TEKNOLOGI
Vol 9 No 1 (2022)

MENINGKATKAN PRESTASI DAN PARTISIPASI AKTIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN KATA KATA ACAK BAHASA INGGRIS

Rita Sita Dewi (SMA Negeri Pakusari Jember, Indonesia)
Asri Widiatsih (Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2022

Abstract

Kosakata merupakan hal yang penting bagi siswa sebagai langkah awal mereka untuk belajar Bahasa Inggris. Kosa kata penting karena kata membawa isi dari apa yang ingin kita katakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan kata-kata acak dapat meningkatkan prestasi dan partisipasi aktif siswa dalam kelas XII IPS 1 di SMAN Pakusari. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan item tes, wawancara dan checklist. Implementasi kata-kata acak dikombinasikan dengan kelompok kecil dan guru memberikan jenis kata acak kepada siswa. Mengacak kata meningkatkan prestasi kosakata siswa pada siklus 2 dari persentase skor siswa pada siklus 1 70 (60%) dan pada siklus 2 ≥70 (80%) dan partisipasi aktif siswa pada siklus 1 75% (60% ) pada siklus 2 (83%). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kata kata acak mampu meningkatkan penguasaan kosakata siswa dan partisipasi aktif siswa kelas XII SMAN Pakusari

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

EDUSAINTEK

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal pendidikan sains dan teknologi diterbitkan oleh STKIP PGRI Situbondo sebagai wadah bagi civitas akademika STKIP PGRI Situbondo serta kalangan guru, dosen, peneliti, praktisi dan pemerhati pendidikan yang peduli terhadap perkembangan penelitian tentang Teknologi pembelajaran, Media ...