cover
Contact Name
Miftahus Surur
Contact Email
surur.miftah99@gmail.com
Phone
+6285258173692
Journal Mail Official
edusaintek@stkippgri-situbondo.ac.id
Editorial Address
Jalan Argopuro Gg. VII Mimbaan Panji Situbondo 68322 Telp. (0338) 4591781 Hp. 085258173692
Location
Kab. situbondo,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN, SAINS DAN TEKNOLOGI
ISSN : 1858005X     EISSN : 26553392     DOI : -
Jurnal pendidikan sains dan teknologi diterbitkan oleh STKIP PGRI Situbondo sebagai wadah bagi civitas akademika STKIP PGRI Situbondo serta kalangan guru, dosen, peneliti, praktisi dan pemerhati pendidikan yang peduli terhadap perkembangan penelitian tentang Teknologi pembelajaran, Media Pembelajaran, Pendidikan Virtual, Perangkat lunak pendidikan, Teknologi digital dalam pendidikan, Pembelajaran Multimedia, ELearning ,Massive Open Online Course (MOOC), Rapid Learning.
Articles 234 Documents
Pengaruh Hasil Belajar Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Karakter Terhadap Perkembangan Perilaku Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Umum. Siti Seituni
PENDIDIKAN SAINS DAN TEKNOLOGI Vol 6 No 1 (2019)
Publisher : STKIP PGRI Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.643 KB) | DOI: 10.47668/edusaintek.v6i1.9

Abstract

Pembelajaran didalam dunia pendidikan adalah proses penting dalam menghasilan nilai dantingkah laku kongkrit serta factor terciptanya sebuah pendidikan yang keduanya saling bersinergi,yang mana pendidikan merupakan sentral dalam menciptakan perubahan sikap dan prilaku yanglebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimen yang membahasbagaimana pengaruh hasil belajar mata kuliah agama islam dan pendidikan karakter terhadaptingkah laku mahasiswa. Terdapat tiga variabel yaitu hasil belajar Mata kuliah pendidikan agamaislam dan pendidikan karakter Sedangkan variabel terikat adalah tingkah laku. menganalisis data dengan menggunakan statistik deskriptif dan parametrik. Selanjutnya dilakukan uji korelasi menggunakan uji korelasi Product Moment dan dilakukan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian hasil menunjukkan bahwa Nilai agama dan nilai pendidikan karakterberpengaruh terhadap tingkah laku secara individu maupun serempak.
PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KAPONGAN Rizka Mahendra Putra
PENDIDIKAN SAINS DAN TEKNOLOGI Vol 6 No 1 (2019)
Publisher : STKIP PGRI Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.377 KB) | DOI: 10.47668/edusaintek.v6i1.10

Abstract

Selama ini siswa SMK merasa fobia dan tidak bersemangat dalam belajar matematika. Padahalhampir seluruh mata pelajaran membutuhkan matematika dalam penyelesaiannya. Dalam upayameningkatkan hasil belajar matematika siswa, maka perlu diupayakan suatu pembelajaran yangdapat mengaitkan isi materi matematika dengan permasalahan sehari-hari. Oleh karena itu diadakanpenelitian tindakan kelas yang menerapkan model pembelajaran yang berorientasi pada VocationalSkill dengan pendekatan kontekstual di kelas XII Perbankan SMKN 1 Panji Situbondo. Analisisdata menggunakan model Miles-Huberman, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, penarikankesimpulan atau verifikasi data. Dalam penelitian ini, materi anuitas yang diajarkan dirancangsedemikian rupa sehingga terlihat dengan jelas keterkaitannya dengan masalah kejuruan siswa(Perbankan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran anuitas yang berorientasi padaVocational Skill dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas, danpemahaman siswa tentang materi yang disampaikan.
Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Pemberian Tugas Kelompok dan Tugas Individu Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMP Negeri 6 Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018. Susanti Tefa; Darsih Idayani; Tri Astindari
PENDIDIKAN SAINS DAN TEKNOLOGI Vol 6 No 1 (2019)
Publisher : STKIP PGRI Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.289 KB) | DOI: 10.47668/edusaintek.v6i1.12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara pemberiantugas kelompok dan tugas individu pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 6 Situbondotahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Situbondosemester genap tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalahsampel jenuh karena jumlah siswa dibawah 100 dan dikategorikan dalam sampel kecil denganjumlah sampel adalah 44 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket siswa yaituangket tugs individu dan angket tugas kelompok. Analisis data yang digunakan adalah uji-t (ujibeda). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai post test kelas kontrol yang diberi tugasindividu sebesar 73,18. Sedangkan rata-rata nilai post test kelas eksperimen yang diberi tugaskelompok adalah 76,36. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antarahasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan selisih 3,18. Jika dilihat dari rata-rata yangada siswa yang diberi tugas kelompok mendapatkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkansiswa yang diberi tugas individu, dengan thitung -1,764 < 1,682 dan signifikansi 0,035 < 0,05.
Pengaruh Aktivitas Belajar Dan Nilai Ujian Nasional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MA Nurul Fata Yesi Puspitasari; Nur Hasanah
PENDIDIKAN SAINS DAN TEKNOLOGI Vol 6 No 1 (2019)
Publisher : STKIP PGRI Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (544.449 KB) | DOI: 10.47668/edusaintek.v6i1.13

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari beberapa variable yaitu: Aktivitas belajarterhadap hasil belajar matematika, nilai ujian nasional matematika terhadap hasil belajarmatematika dan pengaruh secara simultan dari aktivitas belajar dan nilai ujian nasional terhadaphasil belajar matematika siswa kelas X MA Nurul Fata Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi dalampenelitian ini siswa kelas X MA Nurul Fata dengan jumlah siswa 48 siswa dan teknik pengambilansampel sampling jenuh semua populasi dijadikan sampel karena < 100.Rancangan penelitian inimenggunakan penelitian ex-post facto.Data dikumpulkan dengan metode observasi, angket,dokumentasi.Data dianalisis dengan korelasi kemudian diaalisis megguaka regresi berganda. Hasilanalisis menunjukkan bahwa ada pengaruh antara aktivitas belajar dan nilai ujian nasional terhadaphasil belajar siswa kelas X MA Nurul Fata tahun pelajaran 2017/2018, secara simultan yaitusebesar 67,2% dan secara terpisah yaitu pada variable pengaaruh aktivitas belajar terhadap hasilbelajar sebesar 59,22% dan pengaruh nilai ujian nasional terhadap hasil belajar yaitu sebesar8,53%.
Pengaruh E-Learning Berbasis Schoology Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Sumber Bunga Fengki Al Jufri; Dyan Yuliana
PENDIDIKAN SAINS DAN TEKNOLOGI Vol 6 No 1 (2019)
Publisher : STKIP PGRI Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.337 KB) | DOI: 10.47668/edusaintek.v6i1.14

Abstract

Seiring perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar berbasis Teknologi Informasi (TI) menjaditak terelakkan lagi. Konsep yang kemudian terkenal dengan E-learning ini membawapengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional kedalam bentuk digital,baik secara isi maupun sistemnya. E-learning merupakan sebuah inovasi yang mempunyaikontribusi yang besar terhadap perubahan proses belajar, dimana proses belajar tidak lagihanya mendengar uraian materi dari guru tetapi peserta didik juga melakukan aktivitas lainseperti mengamati, melakukan, dan lain-lain. E-learning Berbasis Schoology memberikanharapan baru sebagai alternatif solusi atas sebagian besar permasalahan pendidikan diindonesia, dengan fungsi yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan, baik sebagaisuplemen (pelengkap), komplemen (pelengkap) ataupun substitusi (pengganti) ataskegiatan pembelajaran di dalam dan di luar jam pelajaran. Hal ini sesuai dengan hasilobservasi pada kelas X bahwa saat ini pendidik masih menggunakan metode ceramah,yang mana peserta didik lebih aktif didalam kelas daripada diluar kelas. Dari permasalahandi atas, peneliti menyarankan untuk menggunakan media pembelajaran berbasis onlineyaitu schoology yaitu media pembelajaran berbasis online. Media pembelajaran onlineberbasis schoology tidak harus monoton di dalam kelas dan waktu yang dibutuhkan tidakselalu pada saat jam pelajaran berlangsung, dengan begitu peserta didik akan lebih aktifdan tidak bosan dalam belajar serta memiliki waktu yang lebih lama untuk belajar karenadapat dilakukan di luar jam pelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian noneksperimental sehingga peneliti tidak melakukan percobaan atau eksperimen kepadasubjek penelitian, akan tetapi peneliti hanya ingin mengetahui apakah ada pengaruhvariabel X terhadap variabel Y sehingga pada penelitian ini menggunakan rancangan expost facto. Penentuan daerah penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling area yang ditetapkan di SMK Sumber Bunga karena daerah tersebutmemenuhi syarat untuk dijadikan objek penelitian. Pada penelitian ini menggunakanmetode penentuan responden penelitian secara populasi yaitu mengambil jumlah 50responden peserta didik di SMK Sumber Bunga. Untuk memperoleh data dari sejumlahresponden guna mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran di dalam jam pelajarandan pembelajaran di luar jam pelajaran terhadap aktivitas belajar peserta didikmenggunakan model angket. Data yang diperoleh dari angket yang bersifat kualitatifdiubah menjadi kuantitatif. Hasil analisis data angket dapat dilihat pada lampiran. Darihasil perhitungan analisis variansi garis regresi diperoleh Freg sebesar 6,4745. Dan apabiladikonsultasikan dengan F tabel untuk db = 2 dan db = 47 dengan taraf signifikansi 5%diperoleh 3,1951. Dengan demikian dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan Freglebih besar dari F-tabel yang berarti signifikansi secara mayor pembelajaran di dalam jampelajaran dan pembelajaran di luar jam pelajaran terhadap aktivitas belajar. Selanjutnyadalam efektifitas garis regresi diperoleh sebesar 21,64%. Ini berarti sumbangan efektif darikeseluruhan prediktor aktivitas belajar sebesar 21,64% sedangkan variabel–variabel (faktorlain) yang tidak ikut diteliti sebesar 100% – 21,64% = 78,36%. Sumbangan efektif (SE)prediktor (X₁) pembelajaran di dalam jam pelajaran terhadap kriterium (Y) aktivitas belajarpeserta didik 13,55%. Sumbangan efektif (SE) prediktor (X₂) pembelajaran di luar jampelajaran terhadap kreterium (Y) aktivitas belajar peserta didik 8,09%, ini menunjukkanbahwa pembelajaran di dalam jam pelajaran lebih berpengaruh terhadap aktivitas belajarsisiwa dibandingkan pembelajaran di luar jam pelajaran.
PENGARUH METODE STAD (Student Teams Achievement Division) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP DI SMP NEGERI 1 SITUBONDO Irma Noervadila; Afif Bustami
PENDIDIKAN SAINS DAN TEKNOLOGI Vol 6 No 1 (2019)
Publisher : STKIP PGRI Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.036 KB) | DOI: 10.47668/edusaintek.v6i1.15

Abstract

Model pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam pembelajaran yang digunakan olehguru demi tercapainya keberhasilan belajar siswa. STAD (Student Teams Achievement Division)merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang cukup sederhana. Skripsi ini bertujuan untukmengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelasVIII semester genap di SMP Negeri 1 Situbondo. Peneliti menggunakan tipe penelitian deskriptifdengan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data dalampenelitian ini adalah angket dan tes. Hasil perhitungan analisis data diperoleh tℎ????????????????????= 3,5207 ≥t????????????????????= 1,6694, dengan demikian ????1 diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan dari penerapanmodel pembelajaran kooperatif tipe STAD. Berdasarkan perhitungan nilai mean kelas eksperimen dankelas kontrol didapatkan mean kelompok eksperimen = 90,48 > mean kelompok kontrol = 85,07.Sehingga disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatiftipe STAD terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas VIII SMP Negeri 1Situbondo. Penulis penyarankan pada peneliti lanjutan, sebaiknya terlebih dahulu dianalisis kembali,terutama dalam hal alokasi waktu dan fasilitas pendukung termasuk media yang ada pada sekolah.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL DENGAN MICROSOFT POWERPOINT TERHADAP KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI MA NU ISLAMIYAH ASEMBAGUS Firman Jaya; Linda Arnilya
PENDIDIKAN SAINS DAN TEKNOLOGI Vol 6 No 2 (2019)
Publisher : STKIP PGRI Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (612.803 KB) | DOI: 10.47668/edusaintek.v6i2.24

Abstract

Peningkatan kualitas proses pembelajaran siswa disetiap jenjang pendidikan perlu diwujudkan agar diperoleh kualitas sumber daya manusia yang dapat menunjang pembangunan nasional dinegara Indonesia. Salah satu upaya untuk meningkatkan upaya tersebut yaitu dengan meningkatkan keaktifan dan pemahaman belajar siswa dalam proses pembelajaran salah satunya dengan menggunakan media audio-visual dengan microsoft powerpoint Metode pembelajaran media non audio-visual dengan microsoft powerpoint yang menekankan pada guru untuk bercerita dan siswa mendengarkan harus lebih banyak dihindari agar keaktifan dan pemahaman siswa meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengaruh penggunaan media pembelajaran audio-visual dengan microsoft powerpoint (X) terhadap keaktifan belajar siswa (Y1) kelas X pada mata pelajaran sosiologi di MA NU Islamiyah Asembagus, diketahui bahwa nilai kelas X IPS 2 (Kelas Eksperimen) sebasar (6,234) dengan tingkat pengaruh sempurna. Sedangkan pada kelas X IPS 1 (Kelas Kontrol) dengan nilai sebesar (-0,099) yang berarti tidak ada pengaruh. 2) Pengaruh penggunaan media pembelajaran audio-visual dengan microsoft powerpoint (X) terhadap pemahaman belajar siswa (Y2) kelas X pada mata pelajaran sosiologi di MA NU Islamiyah Asembagus, diketahui bahwa nilai kelas X IPS 2 (Kelas Eksperimen) sebasar (0,584) dengan tingkat pengaruh sedang. Sedangkan pada kelas X IPS 1 (Kelas Kontrol) dengan nilai sebesar (0,309) dengan tingkat pengaruh rendah.
PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SEMESTER GANJIL DI SMK NEGERI 2 SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Tri Astindari; Irma Noervadila
PENDIDIKAN SAINS DAN TEKNOLOGI Vol 6 No 2 (2019)
Publisher : STKIP PGRI Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (729.418 KB) | DOI: 10.47668/edusaintek.v6i2.25

Abstract

Ada berbagai permasalahan tersendiri dalam proses pembelajaran. Salah satu permasalahan yang sering terjadi di kelas adalah rendahnya ketuntasan belajar siswa yang disebabkan oleh hasil belajar siswa yang rendah. Salah satunya adalah pada mata pelajaran Matematika kelas X Ak.1 di SMK Negeri 2 Situbondo. Pengalaman kami menunjukkan bahwa siswa akan berjuang dengan konsep-konsep baru diteknik matematika dan kesulitan yang dihadapin dalam memecahkan masalah menggunakan metode tertentu. Dengan demikian kami memulai sebuah penelitian untuk meningkatakan mengajaran dan pembelajaran siswa. Kami dirancang mengajar strategi untuk mendukung pengembangan siswa dalam memecahkan masalah di matematika serta keterampilan bekerja dan komunikasi dalam tim. Kami menggunakan perspektif penelitian tindakan sebagai metode pembelajaran sehingga dapat memastikan fleksibilitas dalam merespon dinamikan interaksi dalam guru dan mahasiswa. Penelitian ini akan menyajikan akun dari penelitian kami dan menyoroti berbagai masalah dalam penggunaan atau penerapan penelitian tindakan. Kombinasi penelitian tindakan telah memberikan kontribusi terhadap daya tarik bagi para peneliti, guru dan masayrakat akademik dan pendidikan pada umunnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil Belajar Siswa dengan menerapkan Problem Based Learning (PBL) Kelas X Mata Pelajaran Matematika di SMK Negeri 2 Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X Ak di SMK Negeri 2 Situbondo. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan pelaksanaannya dimulai pada tanggal 1 Agustus 2018 sampai dengan tanggal 5 September 2018. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa PBL dapat meningkatkan kemampuan akademik dan dapat meningkatkan kemampuan kerjasama antar siswa, karena dengan pembelajaran berbasis masalah siswa dapat menemukan sendiri konsep yang harus diketahui berdasarkan penyelidikan terhadap masalah nyata. Pada siklus I dicapai ketuntasan belajar klasikal sebesar 83 % dan secara perorangan siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa dan 5 siswa tidak tuntas. Faktor – faktor yang menyebabkan tidak tuntas belajar dari 5 siswa tersebut adalah mereka kurang menguasai materi, kurang teliti, malu bertanya, dan kurang pandai mengatur waktu dalam mengerjakannya. Pada siklus II dicapailah ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 89 % sebanyak 27 siswa yang tuntas secara individu.
PENERAPAN PENDEKATANSAINTIFIK MODEL NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJARSISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 2 KENDIT TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Arif Sholihin
PENDIDIKAN SAINS DAN TEKNOLOGI Vol 6 No 2 (2019)
Publisher : STKIP PGRI Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (575.818 KB) | DOI: 10.47668/edusaintek.v6i2.34

Abstract

Salah satu alternative untuk mengatasi masalah yang ada berupa penerapan model pembelajaran yang lebih mengutamakan keaktifan peserta didikdan memberi kesempatan peserta didik untuk mengembangkan potensinya secara maksimal. Pembelajaran pendekatan saintifik model NHT merupakan salah satu model pembelajaran cooperative yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik. Tujuan penelitian ini untukmengetahuipeningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapanpendekatan saintifik model Numbered Heads Together padamata pelajaran IPS kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Kendit Tahun Pelajaran 2018/2019.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan tindakan kelas. Rancangan penelitian tindakan kelas (classroom Action Research). Penelianini akan dilakukan dengan dua siklus.
PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI CISCO PACKET TRACER TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKJ1 PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER JARINGAN DASAR DI SMK NEGERI 1 KENDIT SITUBONDO Luqman Hakim; Rahmat Shofan Razaqi
PENDIDIKAN SAINS DAN TEKNOLOGI Vol 6 No 2 (2019)
Publisher : STKIP PGRI Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.975 KB) | DOI: 10.47668/edusaintek.v6i2.35

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas X TKJ1 diSMK Negeri 1 Kendit Situbondo. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar ujiansemester yang masih banyak dibawah criteria KKM yang ditetapkan yaitu7.00 penelitian ini bertujuan untuk mengungkap apakah hasil belajar denganmenggunakan media pembelajaran Cisco Packet Tracer lebih baik dari yangtidak menggunakan. Penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Menetapkan jumlah responden 26 siswa Kelas X TKJ1 SMK Negeri 1Kendit sebagai responden penelitian yang diambil secara sampling jenuhdengan cara diambil seluruh populasi. metode pengumpulan data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode angket,metode interview dan metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisisdengan menggunakan analisa regresi. Dari hasil penelitian terlihat bahwa adapengaruh Penggunaan Aplikasi Cisco Paket Tracer terhadap minat sebesar(-0,452) dan hasil belajar sebesar (-0,463) siswa Kelas X TKJ1 pada matapelajaran komputer jaringan dasar di SMK Negeri 1 Kendit Situbondodengan pengaruh sedang.

Page 1 of 24 | Total Record : 234