Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K)
Vol 2, No 3 (2021): J-P3K DESEMBER

Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kompetensi Guru : Studi Kuantitatif

Iridhoi Daeli (Universitas Terbuka)
Sahyar Sahyar (Universitas Terbuka)
Amlys Silalahi (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2021

Abstract

Kompetensi merupakan kemampuan seseorang yang meliputi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dapat diwujudkan dalam hasil kerja nyata yang bermanfaat bagi diri dan lingkungannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang digunakan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel X (kepemimpinan, pelatihan kerja dan motivasi) terhadap variabel Y (Kompetensi guru). Penelitian ini dilakukan pada Sekolah SMKN 1 Gunungsitoli Alo'oa dan SMKN3 Gunungsitoli, Gunungsitoli pada Bulan September 2020 dengan total sampel sebanyak 71 guru. Hasil pengujian hipotesis menjelaskan bahwa dari data yang ditolak memeiliki arti yakni kepemimpinan tidak berpengaruh positif terhadap kompetensi guru. Hipotesis kedua menjelaskan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pelatihan guru terhadap kompetensi guru di SMKN1 Alo’oa dan SMKN3 Gunungsitoli. Hasil pengujian hipotesis ketiga menjelaskan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi guru terhadap kompetensi guru di SMKN1 Alo’oa dan SMKN3 Gunungsitoli. Hasil pengujian hipotesis keempat menjelaskan bahwa kepemimpinan, pelatihan, dan motivasi berpengaruh terhadap kompetensi guru di SMKN1 Alo’oa dan SMKN3 Gunungsitoli.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

J-P3K

Publisher

Subject

Humanities Education Health Professions Nursing Public Health Social Sciences

Description

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan manuskrip penelitian di bidang pendidikan, psikologi dan kesehatan. Fokus dan ruang lingkup jurnal adalah untuk: 1) Menyediakan jurnal yang melaporkan penelitian tentang topik-topik yang memiliki ...