Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah berdasarkan persepsi guru terhadap kepuasan kerja guru di SD-TQ Muadz Bin Jabal Kendari. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive dengan jumlah responden 46 orang guru yang ada di SD-TQ Muadz Bin Jabal Kendari. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Uji validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan teknik korelasi pearson product moment, sedangkan untuk reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kepemimpinan Kepala sekolah di SD-TQ Muadz Bin Jabal Kendari berdasarkan persepsi guru berada pada kategori tinggi atau sebesar (52,1%); (2) Kepuasan Kerja guru di SD-TQ Muadz Bin Jabal Kendari berada pada kategori tinggi yakni sebesar (43.5%); dan (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah berdasarkan persepsi guru terhadap kepuasan kerja guru sebesar 92,35% sedangkan 7,65% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah; Kepuasan Kerja Guru
Copyrights © 2021