Emanasi Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial
Vol 4 No 1 (2021): Jurnal Emanasi Volume 4 Edisi 1 Tahun 2021

Pengajaran Bahasa Inggris Melalui Pendekatan Eklektik Bagi Mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir di STAI SADRA Jakarta

Istikomah . (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

Dalam proses belajar mengajar baik di tingkat dasar dan menengah hingga di perguruan tinggi dan universitas siswa ditempa belajar banyak hal untuk tumbuh secara fisik, mental dan moral. Guru menggunakan berbagai metode, pendekatan, strategi dan teknik untuk mengajar siswa mereka di setiap tingkatan. Ketika berbicara tentang bahasa kedua atau bahasa asing, khususnya bahasa Inggris, ada metode, pendekatan, dan teknik tertentu yang diikuti oleh guru dan dosen di kelas bahasa Inggris. Ada berbagai metode dan pendekatan pengajaran yang dirancang dengan evaluasi dan pengamatan yang konstan. Yang menonjol di antaranya adalah Grammar Translation Method, Direct Method, Audio-Lingual Method and Communicative Language Teaching Approach (CLT) dan juga ada berbagai teknik dan strategi yang diterapkan oleh guru untuk membuat pembelajaran bahasa Inggris fleksibel dan menarik. Meskipun guru dan dosen menggunakan metode, pendekatan, dan teknik ini di kelas EL, masih ada kesenjangan antara guru dan siswa. Pendekatan Eklektik merupakan metode yang mengintegrasikan berbagai pendekatan dan metodologi dalam pengajaran bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih spesifik terkait penggunaan pendekatan Eklektik dalam pengajaran bahasa Inggris untuk mahasiswa program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) STAI SADRA Jakarta dan untuk mengetahui bagaimana hal itu berguna dalam meningkatkan keterampilan komunikasi mereka. Pendekatan eklektik adalah metodologi yang memanfaatkan pendekatan pembelajaran bahasa yang bervariasi dan tidak terbatas pada satu pendekatan saja. Ini adalah pendekatan berbasis keterampilan karena guru atau dosen dapat mendasarkan metode atau pendekatannya atas dasar usia pelajar, pengetahuan serta maksud dan tujuan pelajaran. Penelitian ini dilakukan dalam dua kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Setiap kelompok terdiri dari enam puluh mahasiswa tahun pertama Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (IAT) dengan latar belakang sosial ekonomi yang berbeda, mayoritas dari luar pulau jawa serta bukan dari jurusan Bahasa Inggris. Jadi studi kasus ini berguna bagi guru atau dosen bahasa Inggris untuk menerapkan pendekatan eklektik ini dalam pengajaran bahasa Inggris.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

emanasi

Publisher

Subject

Religion

Description

Emanasi : Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial, merupakan jurnal yang dikelola oleh Asosiasi Dosen Peneliti Ilmu Keislaman dan Sosial (ADPIKS) , terbit dua kali dalam setahun, Oktober dan April. Jurnal Emanasi merupakan media diskusi ilmiah dalam ilmu keislaman dan ilmu ...