Saat ini masyarakat membutuhkan pendidikan yang berkualitas, terutama sekolah yang memberi muatan secara seimbang antarapendidikan agama dan pendidikan umum. Hal ini karena kesadaranorangtua akan pentingnya pendidikan yang bernuansa keagamaanbagi anak-anaknya semakin meningkat, dalam rangka untukmenangkal pengaruh negatif yang dihembuskan oleh globalisasi,terutama dekadensi moral dan maraknya kasus narkoba di kalangan generasi muda. Ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi lembaga pendidikan Islam, terutama Madrasah Aliyah yangbelakangan ini mulai bangkit untuk berbenah diri dalam mengejarberbagai ketertinggalannya untuk menjadi sekolah unggulan. Untukmenjadi lembaga pendidikan unggulan, setidaknya ada empat halyang harus dipenuhi: pertama, penerapan strategi pelaksanaankurikulum. Kedua, pengembangan manajemen berbasis madrasah.Ketiga, menciptakan relasi yang sinergik antara guru dan anakdidik. Keempat, reorientasi sistem pengajaran. Pengakuan resmipemerintah terhadap lembaga madrasah sebagai subsistempendidikan nasional merupakan tantangan bagi kalanganmadrasah untuk menunjukkan kelebihan yang dimilikinya, bahwamadrasah adalah lembaga pendidikan yang memiliki daya saingdan dapat diterima semua kalangan, terutama kepada yang belummengenal madrasah. Penelitian ini akan berusaha mengungkapterobosan MA NU Demak dalam pengembangan kurikulum tahunajaran 2012/2013 untuk memenuhi harapan di atas.
Copyrights © 2013