Tulisan Ilmiah Pariwisata (TULIP)
Vol 4, No 2 (2021): DESEMBER 2021

PERAN BARISTA DALAM PENGEMBANGAN USAHA RESTORAN INFORMAL DI SULAWESI SELATAN (STUDI PADA USAHA RESTORAN INFORMAL DI KOTA PAREPARE PROVINSI SULAWESI SELATAN)

Winowatan, Wim Johannes (Unknown)
Suarta, I Putu (Unknown)
Sukarana, Murdiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran barista dalam pengembangan usaha restoran informal di sulawesi selatan (studi pada usaha restoran informal di kota parepare provinsi Sulawesi selatan) berdasarkan Persepsi Konsumen terhadap pelayanan Barista, Peran Barista Dalam Pengembangan Usaha Restoran Informal, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Barista di kota parepare provinsi Sulawesi selatan. Metode dalam Penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dengan daftar pertanyaan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Persepsi konsumen terhadap pelayanan Barista belum maksimal dipahami secara umum termasuk maksud dan tujuannya. Barista kurang paham pentingnya persepsi kunsumen terhadap pelayanan khususnya pelayanan dalam meracik minuman kopi.  Perlu untuk ditindaklanjuti agar konsumen atau tamu dapat lebih memahami keberadaan dan pelayanan Barista, hal ini disebabkan konsumen atau tamu hanya sebagai peminum kopi bukan penikmat kopi dan hanya memilih jenis kopi yang disediakan, Keberadaa Barista dan pelayanannya yang tersedia pada kafé hanya menyediakan kopi berdasarkan kebutuhan konsumen atau tamu serta masih sekitar kurangnya ketersediaan peralatan yang sangat terbatas dan mahal yang harus dikeluarkan untuk tiap peralatan yang dibutuhkan .

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Tulip

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Tulisan Ilmiah Pariwisata (TULIP) is a Journal published by Tourism Department of Universitas Muhammadiyah Gorontalo Tulisan Ilmiah Pariwisata (TULIP), with E-ISSN 2720-9873 (Online) is a Peer-reviewed journal published twice in June and December by Tourism Department, Universitas Muhammadiyah ...