Sciening : Science Learning Journal
Vol. 2 No. 2: Desember 2021

Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana

Fricilia J. M. Manuho (Universitas Negeri Manado)
Ferdy Dungus (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Berea Tondano tahun ajaran 2020-2021. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi usaha dan pesawat sederhana. Hal ini terlihat dari meningkatnya proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II dan aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan. Aktivitas guru pada siklus I 71,42% menjadi 85,71% pada siklus II, sedangkan aktivitas siswa siklus I 76,66% menjadi 83,33% pada siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu rata-rata tes akhir pada siklus I sebesar 62,5% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 87,5%. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Berea Tondano.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sciening

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran ...