MATHEMATIC EDUCATION AND APLICATION JOURNAL (META)
Vol 3, No 2 (2021)

PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR GEOMETRI VAN HIELE SISWA PADA LEVEL 1 DAN LEVEL 2

Azwar Anwar (Universitas Borneo Tarakan)
Johan Johan (Universitas Borneo Tarakan)
Natal Lena (SMP N 2 Tarakan)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2022

Abstract

AbstractThis study aims to determine the description of students' geometric abilities at level 1 and level 2 and the profile of abilities and characteristics of each level 1 and 2 based on van Hiele's theory. This type of research is descriptive research with a quantitative approach. The population of this research is class VIII SMP N 2 Tarakan. The selection of the research sample was carried out by giving the Van Hiele geometric thinking test level 1 and level 2 to 26 students. Sample selection by random sampling of 1 class. The test used in this research is the Van Hiele geometric thinking test. Each level consists of 10 multiple choice questions using 5 answer choices. For each will be given a score of 1 if correct and given 0 if wrong. Students are declared to have reached a level if they answered correctly at least 6 questions out of 10 items for each level. The data analysis technique in this study is to describe the data to find out how many students have been able to reach each level based on the Van Hiele theory. level 2. Profile at level 1 ability students are familiar with geometric shapes visually. While at level 2 students can identify geometric shapes based on their properties.Keywords: geometry, van hiele, level 1, level 2AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripasi tentang kemampuan geometri siswa pada level 1 dan level 2 dan profil kemampuan serta karaktersitik dari setiap level 1 dan 2 berdasarkan teori van Hiele.  Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Tarakan. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan pemberian tes berpikir geometri Van Hiele level 1 dan level 2 kepada 26 siswa. Pemilihan sampel dengan random sampling terhadap 1 kelas. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berpikir geometri Van Hiele. Masing-masing level terdiri dari 10 soal pilihan ganda menggunakan 5 pilihan jawaban. Untuk setiap akan diberikan skor 1 jika benar dan diberikan 0 jika salah. Siswa dinyatakan mencapai suatu level jika menjawab benar minimal 6 soal dari 10 butir soal tiap levelnya. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan deskripsi data. Berdasarkan hasil penelitian berdasarkan data deskripsi menunjukkan bahwa siswa sudah mencapai 73,07% pada level 1 dan 46,15% pada level 2. Profil pada kemampuan level 1 siswa sudah mengenal bangun-bangun geometri secara visual. Sedangkan pada level 2 siswa dapat mengidentifikasi bangun-bangun geometri berdasarkan sifat-sifatnya.Kata kunci: geometri, van hiele, level 1, level 2

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

meta

Publisher

Subject

Mathematics

Description

1. Belajar dan Pembelajaran Matematika 2. Pengajaran Matematika 3. Pengembangan Kurikulum Matematika 4. Pendidikan Guru Matematika 5. Teknologi Pendidikan ...