Jurnal Kajian Seni
Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Kajian Seni Vol 4 No 2 April 2018

Proses Dramaturgi dari Teks Sastra Syair Lampung Karam ke Teks Pertunjukan Teater Under The Volcano

Dede Pramayoza (Universitas Gadjah Mada)
G.R. Lono Lastoro Simatupang (Program Studi Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa, Sekolah Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada)
Sal Murgiyanto (Program Studi Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa, Sekolah Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjelaskan proses dramaturgi yang menjembatani transformasi dari teks sastra Syair Lampung Karam menjadi teks pertunjukan teater Under The Volcano. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Sumber datanya adalah pengamatan langsung atas pertunjukan, pengamatan atas proses penciptaan, dokumentasi pertunjukan, catatan proses dan hasil wawancara. Berdasarkan data tersebut dilakukan analisis terhadap tindakan dramaturgi dan pemikiran dramaturgis yang melatar belakanginya terciptanya teks pertunjukan teater Under The Volcano, yang dipandang sebagai rangkaian proses dramaturginya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teks pertunjukan teater Under The Volcano adalah bentuk ekspresi dari pengalaman masyarakat yang tinggal di lingkungan gunung berapi, yang dibangun dengan mengambil abstraksi dari pengalaman bencana alam letusan Gunung Krakatau yang dikisahkan dalam Syair Lampung Karam.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jks

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Kajian Seni (JKS) is a blind peer-reviewed academic journal that highlights performing arts and visual arts research and scholarship. JKS, a refereed journal of the Graduate School, UGM, published by Study Program Performing and Visual Arts Studies (Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa), ...