Nusantara Journal of Islamic Studies
Vol. 2 No. 2 (2021): September

Relevansi dan Potensi Madrasah Diniyah dalam Menopang Sistem Pendidikan Nasional

Abdullah (Universitas Nurul Jadid)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2021

Abstract

Artikel ini membahas tentang potensi madrasah diniyah dalam pengelolaan system Pendidikan nasional. Dalam system pembelajaran pendidikan diniyah, tidak hanya menekankan pada aspek kognitif, tapi juga afektif, sehingga dalam membentuk karakter, pendidikan cukup efektif. Dalam madrasah diniyah proses pembelajaran dituangkan dalam kegiatan intrakurikuler dan ektrakurikuler. Kegiatan Intrakurikuler dalam kegiatan belajar mengajar di madrasah diniyah, penjatahan waktunya telah ditentukan dalam program. Pada prinsipnya kegiatan intrakurikuler merupakan kegiatan tatap muka antara siswa dan guru.Termasuk didalamnya kegiatan perbaikan dan pengayaan. Sedangkan jegiatan ekstrakurikuler ialah Kegiatan diluar jam pelajaran biasa, yang dilakukan didalam atau diluar madrasah dengan tujuan memperluas pengetahuan siswa. Kegiatan ini dilakukan secara berkala dalam waktu-waktu tertentu

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

NJIS

Publisher

Subject

Education Other

Description

Nusantara Journal of Islamic Studies is Islam education scientific journal that contains articles on Islamic education, Islamic education thought and management of Islamic Education. Intended as a vehicle for critical thinking and open to all circles of academia, religion, intellectuals, students ...