Jurnal Kajian Pariwisata dan Bisnis Perhotelan
Vol 2 No 3 (2021): Jurnal Kajian Pariwisata dan Bisnis Perhotelan

Analisis Pengalaman Konsumen Menginap di Kyriad Hotel bumiminang Kota Padang Pada Masa Pandemi Covid-19

Fahrifan Valid (Universitas Negeri Padang)
Nidia Wulansari (Universitas Negeri Padang)
Rian Surenda (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini berawal dari observasi penulis pada masa pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020, telah banyak korban terkena dampaknya. Berdasarkan penemuan peneliti ditemukan permasalahan mngenai Customer Experience di Kyriad Hotel Bumiminang Padang. Terdapat tamu yang megeluh dikarnakana banyak hal yang mengecewakan dari Wc jorok, Sarung bantal dan selimut sobek, fasilitas dan furnitur Kyriad Hotel Bumiminang dalam kamar sangat buruk dan tidak layak digunakan sprei tidak di ganti dan kamar yang masih kotor sangat mengawatirkan untuk keamanan pada saat masa Covid-19. Penelitian bertujuan untuk mendiskripsikan Customer Experien Pada masa Covid-19 di Kyriad Hotel Bumiminang meliputi 3 Indikator yaitu : Sensory Experience (Pengalaman yang dirasakan indra), Emotional Experience (Pengalaman yang dirasakan melalui perasaan konsumen), Social Experience (Pengalaman Konsumen dalam bersosialisasi). Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan Populasi tamu yang pernah atau sedang menginap di Kyriad Hotel Bumiminang Padang mulai dari bulan Maret – Agustus 2020. Teknik Pengambilan sampel penelitian ini adalah no probality sampling yang digunakan purposive sampling (100) tamu. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik komunikasi tidak langsung dengan menyebarkan angket atau kuesioner menggunakan skala Liker yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Selanjutnya data dianalisis deskriptif dengan metode kategori penilaian berdasarkan rata-rata skor, persentase penilaian menggunakan bantuan Program Komputer SPSS 20.00. Hasil Penelitian menyimpulkan bahwa secara umum Customer Experience pada masa Covid-19 di Kyriad Hotel Bumiminang Padang tergolong pada kategori baik dengan persentase 59% pada rentang 66,66 – < 80. Sedangkan indikator dari Customer Experience yaitu : (1) Sensory Experience dengan kategori tergolong baik dengan persentase 48% berada pada rentang 30-< 36, (2) Emotional Experience tergolong pada kategori cukup dengan persentase 47% berada pada rentang 18,67- < 22,33, (3) Social Experiece tergolong pada kategori cukup dengan rentag 10,67- < 13,33.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JKPBP

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Jurnal ini terbit Tiga kali dalam satu tahun pada bulan April, Agustus dan Desember. Jurnal Kajian Pariwisata dan Bisnis Perhotelan hanya menerima karya ilmiah asli yang belum dipublikasikan pada media lain. Semua artikel yang masuk akan ditinjau terlebih dahulu oleh EDITOR yang kompeten dan akan di ...