JURNAL PENDIDIKAN SAINS SOSIAL DAN AGAMA
Vol. 7 No. 1 (2021): This issue focuses on Education and Religious

ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN SISTEM DARING MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS VII DAN KELAS VIII SMP TAHFIZH AL-ITTIBA’ KLATEN TAHUN AJARAN 2020/2021

alfian angga putra (universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)
Herry Agus Susanto (UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA SUKOHARJO)
Djatmiko Hidajat (UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA SUKOHARJO)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Ingin mendeskripsikan kesulitan pembelajaran matematika dengan sistem daring masa pandemi covid-19. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan pertimbangan untuk pengambilan keputusan dalam rangka penanganan kesulitan belajar yang dialami siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskripstif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah Siswa Kelas VII dan Kelas VIII SMP TAHFIZH AL-ITTIBA’ Klaten yang melaksanakan pembelajaran matematik dengan sistem daring pada semester genap tahun akademik 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa angket dan wawancara. Angket terdiri dari pernyataan positif dan negatif dengan jumlah 16 butir pernyataan yang sesuai dengan indikator. Sedangkan wawancara terdiri dari 16 pertanyaan yang sesuai dengan indikator. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan pembelajaran matematika dengan sistem daring dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internar penyebab kesulitan belajar meliputi aspek minat dengan persentase 60,60% dalam kategori menghambat, aspek kesiapan belajar dengan presentasi 70,38 dalam kategori cukup menghambat, aspek motivasi dengan persentase 60,33% dalam kategori menghambat, aspek kesehatan dengan persentase 82,88% dalam kategori tidak menghambat. Faktor eksternal penyebab kesulitan belajar meliputi aspek keluarga dengan persentase 86,14% dalam kategori tidak menghambat, aspek sekolah dengan persentase 62,93% dalam kategori cukup menghambat, dan aspek lingkungan atau masyarakat dengan persentase 66,30% dalam kategori cukup menghambat. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Pembelajaran Daring, Covid-19

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PSSA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN, SAINS SOSIAL, DAN AGAMA is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing research articles focusses on: 1. Teaching method 2. Instructional methods 3. Instructional strategy 4. Instructional materials development 5. Experiment, ...