SHIBGHAH: Journal of Muslim Societies
Vol 3, No 2 (2021): SHIBGHAH: Journal Of Muslim Societies

Model Pengembangan Desa Wisata Halal di Kabupaten Sumenep ditinjau Dari Peraturan Bupati NO. 15 TAHUN 2018 (Studi di Desa Semaan Kecamatan Dasuk Kabupaten Sumenep Madura)

Achmad Qori' Wijdan (Universitas Trumojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2021

Abstract

Pariwisata mempunyai banyak manfaat bagi masyarakat bahkan bagi negara sekalipun, manfaat  pariwisata dapat dilihat dari berbagai aspek yaitu manfaat dari segi ekonomi, sosial budaya, lingkungan hidup, serta peluang dan kesempatan kerja. wisata halal adalah wisata yang merujuk pada layanan tambahan amenitas, atraksi, dan aksesibilitas yang ditujukan dan diberikan untuk memenuhi pengalaman, kebutuhan, dan keinginan wisatawan muslim. Pengembangan pariwisata halal merupakan salah satu program prioritas Kementerian Pariwisata yang sudah dikerjakan sejak lima tahun yang lalu. Pengembangan pariwisata pedesaan melalui Desa Wisata merupakan wujud nyata dari pariwiata berbasis komunitas yang dipercaya dapat memajukan perekonomian desa dan menyejah terakan masyarakat. Merujuk kepada Peraturan Bupati perihal Penetapan Kawasan Desa Wisata Kabupaten Sumenep (Perbup No.15 tahun 2018), salah satu bentuk pariwisata yang hendak dikembangkan oleh pemerintah Sumenep adalah pariwisata spiritual. Oleh karena itu tujuan di lakukan penelitian ini untuk mengkaji lebih dalam tentang Model Pengembangan Desa Wisata Halal di Kabupaten Sumenep Ditinjau dari Peraturan Bupati No. 15 Tahun 2018 yang ada di Desa Sema'an Kecamatan Dasuk Kabupaten Sumenep Madura. Yang mana Desa Sema’an ini berpotensi untuk di jadikan desa wisata, karena terdapat beberapa obyek wisata yang ada di dalamnya.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

shibghah

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

SHIBGHAH: Journal of Muslim Societies is an interdisciplinary, open access and scholarly journal published by STAI Al-Washliyah Banda Aceh incorporation with KOPERTAIS Wilayah 5 Aceh. Its establishment is aimed at communicating current issues on multidisiplinary study of Muslim societies. As a ...