Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) untuk mesdeskripsikan keautentikan dari latihan membaca yang ada di buku paket Bahasa Inggris kelas 12 terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dan (b) untuk mendeskripsikan kesesuaian dari latihan membaca yang ada di buku paket Bahasa Inggris kelas 12 terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terhadap kompetensi dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitaif untuk menginvestigasi data dan analisis konten untuk menganalisis keautentikan dan kesesuaian dari latihan membaca yang ada di buku paket terhadap keautentikan dari Brown dan kompetensi dasar. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa latihan membaca yang ada di buku paket Bahasa Inggris kelas 12 terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tidak seluruhnya masuk kedalam lima poin keautentikan dari Brown, karena dari 32 tugas hanya 25 tugas yang memenuhi persyaratan dari teori Brown. Tugas-tugas tersebut memiliki bahasa yang alami, butir soal berhubungan dengan konteks daripada terisolasi, topik yang diberikan berarti untuk siswa, beberapa penyususnan tematik untuk butir soal disediakan dan tugas yang diberikan ada di dunia nyata. Kemudian tidak semuanya sesuai dengan kompetensi dasar yang tertulis, karena dari 32 tugas hanya 9 tugas yang sesuai dengan semua kompetensi dasar, mulai dari judul materi, isi materi dan aktivitas-aktivitas dari yang ada pada tugas.Kata kunci: Keautentikan, Latihan Membaca, Contoh dari Brown, Kompetensi Dasar
Copyrights © 2021