Media Akademika
Vol 27, No 4 (2012)

Kemampuan Alumni Madrasah Mengikuti Pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri: Studi Kasus di Universitas Jambi

Yusraini, Yusraini ( Fakultas Tarbiyah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Yenti, Zarfina ( Fakultas Adab IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Jamil, Zawaqi Afdal ( Fakultas Tarbiyah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2014

Abstract

Madrasah merupakan lembaga pendidikan yang lahir dari dan untuk masyarakat. Dengan memposisikan madrasah sama dengan sekolah umum, maka ada kecenderungan dalam masyarakat Indonesia yang tamat madrasah untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi umum. Namun, untuk melahirkan alumni yang kompeten dibutuhkan standarisasi Bila standarisasi sudah terintegralisasi dengan baik maka alumni madrasah tidak dianggap sebagai alumni kelas dua. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik dan kooperatif, dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah semua komponen yang ada di Universitas Jambi. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Secara akademik, alumni madrasah yang ada di Universitas Jambi pada umumnya memiliki nilai akademik yang memadai dan dapat dikatakan mahasiswa berprestasi bila dilihat dari indek prestasi dan ko kurikuler. Akan tetapi sangat disayangkan tidak semua alumni madrasah memiliki kemampuan yang sama karena keterbatasan mereka di bidang informasi dan teknologi.

Copyrights © 2012