Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS)
Vol. 2 No. 2 (2021)

Perancangan Alat Peraga Kalor Jenis Berbantu Sensor Load Cell dan DS18B20 Menggunakan Android Berbasis Multirepresentasi

Desy Luthfianti Ulfah (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Siska Desy Fatmaryanti (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Umi Pratiwi (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Kalor jenis dapat dikatakan sebagai salah satu konsep fisika yang membutuhkan visualisasi dan kemampuan multirepresentasi yang baik. Alat peraga kalor jenis dengan menggunakan android berbasis multirepresentasi hingga saat ini belum banyak dikembangkan. Tujuan penelitian ini yaitu membuat suatu desain alat peraga kalor jenis berbantu sensor massa load cell dan sensor suhu DS18B20 dengan menggunakan android berbasis multirepresentasi yang disertai dengan petunjuk dan panduan penggunaannya. Penelitian ini merupakan bagian dari langkah model pengembangan 4-D (Four-D model) oleh Thiagarajan yang disederhanakan menjadi 3 tahapan; yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Pada tahap define ditemukan bahwa banyak terjadi permasalahan terkait analisis perhitungan kalor jenis dalam praktikum juga aspek multirepresentasinya. Pada tahap design telah dihasilkan alat peraga kalor jenis menggunakan android berbasis multirepresentasi, buku petunjuk penggunaan alat, buku panduan percobaan, dan soal berbasis multirepresentasi. Pada tahap develop didapatkan validitas alat peraga. Validasi oleh ahli media diperoleh rerata penilaian 81,07%, validasi oleh ahli materi diperoleh rerata penilaian 79,37% dan validasi oleh ahli soal kemampuan multirepresentasi diperoleh hasil 81%. Hasil penelitian ini akan dilanjutkan pada tahap tahap penyebaran (desiminate) pada penelitian selanjutnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jips

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Education Physics Other

Description

Aims JIPS focus on the result of research and scientific studies, especially of Science Education. In the case where it possible is the result of non-educational studies to the extent that it can be applied in Science learning. Scopes 1. Science learning: as physics, biology, chemistry, science ...