Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS)
Vol. 2 No. 2 (2021)

Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Web Appgeyser Berbasis Sparkol Videoscribe untuk Peningkatan Kemampuan Literasi Sains

Dian Setiyanti (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Umi Pratiwi (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Ashari Ashari (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Rendahnya literasi sains peserta didik di pengaruhi oleh bahan ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran fisika menggunakan Web Appgeyser berbasis Sparkol Videoscribe yang dilihat dari validitas media, kepraktisan media, dan keefektifan media. Penelitian ini mengadaptasi model penelitian 4D yaitu Define (Pendefinnisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Dissemination (Penyebaran). Subjek penelitian ini adalah peserta didik XI MIPA 5 SMA N 1 Purworejo. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kelayakan media pembelajaran Web Appgeyser berbasis Sparkol Videoscribe yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan baik dan layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran fisika serta dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jips

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Education Physics Other

Description

Aims JIPS focus on the result of research and scientific studies, especially of Science Education. In the case where it possible is the result of non-educational studies to the extent that it can be applied in Science learning. Scopes 1. Science learning: as physics, biology, chemistry, science ...