Fenomena stress akademik yang dialami oleh siswa terus berkembang setiap tahun, khususnya di Indonesia. Berbagai macam permasalahan yang ada menuntut untuk dapat menyelesaikan permasalahan dengan cepat dan tepat. Seseorang yang mampu untuk menyelesaikan tentunya tidak menjadi masalah, akan berbeda bila seseorang merasa tidak nyaman dengan masalah tersebut. Masalah yang terus datang tanpa ada solusinya akan membuat seseorang itu mengalami stress. Tujuan yang ingin dicapai peneliti adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan teknik self instruction dalam menurunkan stress akademik siswa SMK Utama Bakti Palembang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif pra eksperimental designs dengan menggunakan desain One group Pretest-Posttest Designs. Populasi dalam penelitian ini adalah 35 siswa dengan sampel 7 siswa kelas XI teknik komputer dan jaringan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Penelitian ini berfokus pada keefektifan konseling kelompok dengan menggunakan teknik self instruction dalam menurunkan stress akademik siswa SMK Utama Bakti Palembang. Hasil analisis data dapat diketahui bahwa rata-rata hasil pre-test yaitu 153,5 dan rata-rata hasil posttest 105,8. Diperoleh Zhitung = -2,371 dengan nilai Ztabel 1,645. Hasil yang diperoleh menunjukkan penurunan nilai rata-rata setelah dilakukan posttest. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa konseling kelompok dengan menggunakan teknik self instruction efektif dalam menurunkan stress akademik.
Copyrights © 2021