Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ada di SD Negeri Semowo Kabupaten Semarang yaitu belum adanya penggunaan game sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengembangkan game mari belajar untuk mencapai ketuntasan belajar tema 6 subtema 4 pembelajaran 2 kelas 3 SD, 2) mengetahui kelayakan game mari belajar untuk mencapai ketuntasan belajar tema 6 subtema 4 pembelajaran 2 kelas 3 SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ASSURE yang terdiri dari 6 langkah, yaitu Analyse Learner, State Objectives , Select Method, Media or Material, Utilize Media and Materials, Require Learner Participation, Evaluateand Revise. Hasil penelitian menyatakan 1) terbukti terdapat pengembangan game mari belajar untuk mencapai ketuntasan belajar, yang ditunjukkan oleh hasil uji yang menghasilkan uji t hit 0,00≤ 0,05 dan sig 0,226>0,05, maka tidak terdapat perbedaan hasil uji coba game mari belajar yang signifikan. 2) terdapat kelayakan game mari belajar untuk mencapai ketuntasan belajar yang ditunjukkan oleh instrumen yang valid dengan rata-rata r (korelasi) hitung =0,82 dan reliable dengan cr α = 0,887. Dari hasil tersebut, maka game mari belajar untuk mencapai ketuntasan belajar pembelajaran tematik peserta didik kelas 3 sekolah dasar layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Copyrights © 2021