EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 2 (2021): April Pages 250-630

Penerapan Bimbingan Belajar Berbasis Prinsip-Prinsip Belajar dalam Islam untuk Meningkatkan Etika Belajar Siswa

Rasimin Rasimin (Universitas Jambi, Indonesia)
Affan Yusra (Universitas Jambi, Indonesia)
Hera Wahyuni (Universitas Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2021

Abstract

Dalam Islam untuk mendapatkan kejayaan belajar, etika harus dilibatkan saat proses interaksi antara belajar dan mengajar berlangsung. Dalam konteks belajar dan mengajar dalam perspektif Islam, etika yang dimaksud di sini adalah moral yang bersumber dari Alquran dan Sunnah. Ini adalah hal yang menarik untuk dipelajari. Karena mempelajari etika dalam Islam mengikuti tanda-tanda agama. Ilmu yang tidak bermanfaat bagi pemiliknya tidak hanya ditemukan pada siswa yang melakukan kecurangan akademik pada saat ujian berlangsung karena kurangnya etika dalam pembelajaran. Maka tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana penerapan bimbingan belajar berdasarkan prinsip-prinsip belajar Islam dapat meningkatkan etika belajar di kalangan siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 34 siswa.Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria dalam penelitian ini. Hasil penelitian setelah dilaksanakan pembelajaran tutor berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran Islam berjumlah dengan kategori hipotesis diterima. Mengingat pentingnya pembelajaran etika belajar bagi peserta didik, maka penting bagi konselor untuk menerapkan strategi bimbingan belajar berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran Islam dengan langkah-langkah untuk meningkatkan dan membentuk etika belajar pada siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...