Journal of Educational Review and Research
Vol 4, No 2 (2021): VOLUME 4 NUMBER 2 DECEMBER 2021

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI 53 SINGKAWANG

Sari, Galuh Atika (Unknown)
Hendriana, Evinna Cinda (Unknown)
Setyowati, Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learning dengan yang diajar menggunakan model konvensional pada pembelajaran IPA. Penelitian menggunakan metode Quasi Experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 53 Singkawang. Teknik pengambilan sampel berupa teknik sampling jenuh. Penelitian dilakukan di kelas IV A yang berjumlah 26 orang siswa dan di kelas IV B yang berjumlah 26 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif 20 pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa secara signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learning dengan siswa yang diajar menggunakan model konvensional pada pembelajaran IPA Kelas IV di SD Negeri 53 Singkawang. Oleh karena itu model Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dibanding model konvensional. Dengan demikian, model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV pada pembelajaran IPA di SD Negeri 53 Singkawang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JERR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Of Educational Review and Research (JERR) is published by Institute for managing and publishing scientific journal STKIP Singkawang in 2017 and periodically published twice per year on July and December, with e-ISSN : 2597-9760 and p-ISSN : 2597-9752. JERR aims to becoming the publication ...