EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 2 (2021): April Pages 250-630

Analisis Kompetensi Profesional dan Pedagogik Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Implementasi Kurikulum 2013

Muhammad Turmuzi (Universitas Mataram, Indonesia)
Wahidaturrahmi Wahidaturrahmi (Universitas Mataram, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi profesional dan pedagogik mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Implementasi Kurikulum 2013. Dimensi kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogis modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah yang dalam pembelajaran lebih fokus pada kegiatan mengamati, bertanya, menalar, mencoba, membentuk jaringan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar penilaian perancangan pembelajaran dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian ini diperoleh, kompetensi pedagogik mahasiswa  adalah sebesar 85,11 dengan kategori baik. Nilai tertinggi untuk kompetensi pedagogik terletak pada indikator menentukan metode dan pendekatan pembelajaran. Sedangkan nilai kompetensi profesional mahasiswa  adalah sebesar 88,94 dengan kategori baik. Nilai tertinggi untuk kompetensi professional terletak pada indikator pemilihan materi dan sumber belajar, dengan kategori amat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah kompetensi profesional dan pedagogik mahasiswa dalam implementasi kurikulum  2013 tergolong dalam kategori baik. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...