JUTECH : Journal Education and Technology
Vol 2, No 2 (2021): JUTECH DESEMBER

SISTEM PENILAIAN UJIAN OTOMATIS UNTUK SOAL ESAI MENGGUNAKAN METODE VECTOR SPACE MODEL

Mi'andri Mi'andri (Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Pontianak)
Alda Cendekia Siregar (Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Pontianak)
Putri Yuli Utami (Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Pontianak)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2022

Abstract

Pelaksanaan ujian merupakan cara untuk mengukur kemampuan seorang mahasiswa. Ujian juga dijadikan sebagai alat evaluasi untuk menilai seberapa jauh pengetahuan yang sudah dikuasai dan keterampilan yang sudah diperoleh. Ujian esai adalah salah satu proses evaluasi yang digunakan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa. Masalah yang terjadi pada saat dosen menilai yaitu lamanya waktu yang dibutuhkan untuk memeriksa lembar jawaban mahasiswa, hal ini dapat mempengaruhi objektivitas dalam penilaian. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan sistem yang dapat membuat penilaian jawaban ujian esai lebih cepat. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem penilaian ujian esai secara otomatis yang dapat membantu dosen dalam menilai ujian esai mahasiswa. Metode yang digunakan yaitu metode pembobotan TF-IDF (Term Frequency - Inverse Document Frequency) dan Vector Space Model untuk menghitung kemiripan dari dua buah dokumen, dimana proses yang dilakukan pada penilaian jawaban esai adalah dengan membandingkan jawaban yang telah diisikan oleh mahasiswa dengan kunci jawaban dosen. Berdasarkan hasil penelitian bahwa sistem penilaian esai otomatis menggunakan metode Vector Space Model telah berjalan dengan baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jutech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JUTECH : Journal Education and Technology adalah jurnal yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Komputer STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian di bidang teknologi pendidikan, baik laporan penelitian maupun tinjauan buku yang dapat memberikan ...