cover
Contact Name
Antonius Edy Setyawan
Contact Email
edysetyawan.200286@gmail.com
Phone
+6281256079033
Journal Mail Official
jutech.stkippk@gmail.com
Editorial Address
Jln. Pertamina - Sengkuang Km.4
Location
Kab. sintang,
Kalimantan barat
INDONESIA
JUTECH : Journal Education and Technology
ISSN : -     EISSN : 27229297     DOI : 10.31932
Core Subject : Science, Education,
JUTECH : Journal Education and Technology adalah jurnal yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Komputer STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian di bidang teknologi pendidikan, baik laporan penelitian maupun tinjauan buku yang dapat memberikan solusi permasalahan bagi perkembangan dunia pendidikan dan pengajaran secara luas dan bermanfaat serta belum pernah publikasi di media cetak maupun elektronik. Ruang lingkup bahasan meliputi: - Philosofi teknologi pendidikan - Evaluasi dan Hasil Belajar - Media Pembelajaran Interaktif - e-Learning - Multimedia Pendidikan - Game Edukasi - Blended Learning - Aplikasi pembelajaran berbasis web/android JUTECH : Journal Education and Technology terbit 2 kali per tahun pada bulan Juni dan Desember.
Articles 36 Documents
PENGEMBANGAN MEDIA CD INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH Fatkhan Amirul Huda; Munawar Thoharudin
JUTECH : Journal Education and Technology Vol 2, No 1 (2021): JUTECH JUNI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jutech.v2i1.1219

Abstract

ABSTRACTThis research aims to describe the development of interactive CD media using Macromedia Flash 8 on classification of animal subject for elementary school grade IV. The method in this research is research and development that combining research and development method according to Borg & Gall and ASSURE, that consist of 7 steps. These steps include: research and information, analyze learner characteristics, state objective, select or modify media, utilize, require learner response and evaluate. The results showed that the developed interactive CD has been feasible based on development steps. The results of media validation and material validation obtained scores average respectively by 90,62% and 99%, so interactive CD media feasible to applied in for elementary school grade IV. Then, based on student learning outcomes on a small scale trial shown 92% of students score is ≥ 63. On a large scale trial in SDN 23 Menyumbung and SDN 01 Kenukut the classical of student learning outcomes respectively increased for 53% and 34%. It can be concluded that the development of interactive cd media using macromedua flash 8 on classification of animal subject feasible to applied for elementary school grade IV.Keywords: Interactive CD; Instructional Media; Macromedia Flash 8ABSTRAKPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengembangan media CD interaktif menggunakan Macromedia Flash 8 pada materi menggolongkan hewan untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan mengkombinasikan metode penelitian dan pengembangan menurut Borg & Gall dan ASSURE yang terdiri dari 7 langkah, meliputi: penelitian dan pengumpulan data (research and information), analyze learner characteristics (menganalisis karakteristik umum kelompok sasaran), state objective (menyatakan atau merumuskan tujuan pembelajaran), select or modify media (memilih, memodifikasi, atau merancang dan mengembangkan materi dan media yang tepat), utilize (menggunakan materi dan media), Require learner response (meminta tanggapan dari siswa)  and evaluate (mengevaluasi proses belajar). Hasil penelitian menunjukkan bahwa CD interaktif yang dikembangkan dinyatakan layak sesuai dengan langkah-langkah pengembangan. Berdasarkan  hasil validasi media dan hasil validasi materi yang ditunjukkan dengan rata-rata perolehan skor masing-masing sebesar 90,62% dan 99%, maka media CD interaktif layak diterapkan pada siswa kelas IV sekolah dasar. Kemudian berdasarkan tes hasil belajar siswa pada uji coba terbatas menunjukkan 92% siswa mendapat skor ≥63. Sedangkan pada uji coba skala luas di Sekolah Dasar Negeri 23 Menyumbung dan Sekolah Dasar Negeri 01 Kenukut ketuntasan klasikal hasil belajar siswa meningkat masing-masing sebesar 53% dan 34%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media CD interaktif menggunakan macromedia flash 8 pada materi menggolongkan hewan layak diterapkan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar.Kata Kunci: CD Interaktif; Media Pembelajaran; Macromedia Flash 8 
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGIES (ICT) Oktavianus Oktavianus; Yusuf Olang; Fatkhan Amirul Huda
JUTECH : Journal Education and Technology Vol 1, No 1 (2020): JUTECH JUNI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jutech.v1i1.692

Abstract

ABSTRACTThe purpose of this study is to imporove student learning outcomes with the use of media impormation and communication technologies ( ICT) on kind visible nature and make in indonesia on class V element of SD Joseph Khatulistiwa lesson year 2017/2018. The research method and the research form in classroom action research (PTK). The subjects of this research are the student of grade V SD Joseph Khatulistiwa. Data collection tool in this research is observation sheet, interview guide, test sheet and documentation. The results of the study found that the use of media impormation and communication technologies (ICT) outcomes, where student are seen to have enthusiasm and good cooperation in learning the improvement of students learning outcomes kusing media impormation and communication technologies (ICT) in gradev V of SD Joseph Khatulistiwa. Is categorized very well. it can be seen from the improvement of learning result achievement 33,33%, that is from 55,56% I cycle to 88.89% in cycle II. based on the matter, it can be conduded that the learning media impormation and communication technologies (ICT) able to increase student learning outcomes on the material kind visible nature and make in indonesia in class V SD Joseph Khatulistiwa lesson year 2017/2018.Keywords: Study Result, The Media Impornation and Communication Technologies ( ICT)ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran information and communication technologies (ICT) pada materi keragaman kenampakan alam dan buatan di Indonesia di kelas V SD Joseph Khatulistiwa Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan bentuk penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Joseph Khatulistiwa. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, pedoman wawancara, lembar tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan media Informtion and Communication Technologies (ICT) di kelas V SD Josep Khatulistiwa dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dimana siswa terlihat memiliki semangat, dan antusias serta kerja sama yang sangat baik dalam pembelajaran. Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran Information and Comminication Technologies (ICT) di kelas V SD Joseph Khatulistiwa dikategorikan sangat baik, hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 44,44%, yakni dari siklus I 55,56% menjadi 88,89% pada siklus II. Volume 1, Nomor 1, Juni 2020 41 Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Information and Communication Technologies (ICT) mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keragaman kenampakan alam dan buatan di Indonesia pada kelas V SD Jseph Khatulistiwa Tahun Pelajaran 2017/2018.Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Information and Communication Technologies (ICT)
PENGEMBANGAN WEB PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERSTRUKTUR LITERASI MATEMATIS UNTUK SISWA SMP Beni Setiawan; Olenggius Jiran Dores; Nurapni Sopia
JUTECH : Journal Education and Technology Vol 2, No 1 (2021): JUTECH JUNI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jutech.v2i1.1229

Abstract

ABSTRACT
PENGEMBANGAN APLIKASI PENGOLAH DATA PADA UMKM DECOLLECTION DI KABUPATEN KUBU RAYA Vindo Feladi; Chandra Lesmana; Erni Fatmawati
JUTECH : Journal Education and Technology Vol 1, No 2 (2020): JUTECH DESEMBER
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jutech.v1i2.971

Abstract

ABSTRACTThe objectives of this study were 1) Development of data processing applications for DeCollection MSMEs in Kubu Raya Regency. 2) Feasibility of data processing applications at the UMKM DeCollection in Kubu Raya Regency. 3) Consumer response after implementing the Data Processing application at DeCollection UMKM in Kubu Raya Regency. The research method used is research and development with the ADDIE design. The object of this research is the “DeCollection” UMKM. The data collection techniques used are direct and indirect communication techniques. The results showed that through the design of the system proposals made starting from context diagrams, dfd level 1, flowcharts and table relationships. The feasibility category of all aspects obtained from media experts and information systems experts is very good, so it can be concluded that the DeCollection sales data processing application information system is categorized as very feasible to use. User responses to the application can be seen from the results of the user filling out a questionnaire that has been given to users with very good criteria.Keywords: Development, Applications, UMKM ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah 1) Pengembangan aplikasi Pengolah Data Pada UMKM DeCollection di Kabupaten Kubu Raya. 2) Kelayakan aplikasi Pengolah Data Pada UMKM DeCollection di Kabupaten Kubu Raya. 3) Respon konsumen setelah di implimentasikan aplikasi Pengolah Data Pada UMKM DeCollection di Kabupaten Kubu Raya. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan dengan rancangan ADDIE. Objek dalam penelitian ini adalah UMKM “DeCollection”. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung dan tidak langsung. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa melalui perancangan sistem usulan yang dibuat mulai dari diagram konteks, dfd level 1, flowchart dan relasi tabel. Kategori kelayakan dari keseluruhan aspek yang diperoleh dari ahli media  dan ahli sistem informasi adalah sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem informasi aplikasi pengolahan data penjualan DeCollection di kategorikan sangat layak untuk digunakan. Respon pengguna pada aplikasi dapat dilihat dari hasil pengguna mengisi angket yang telah di berikan kepada pengguna dengan kreteria sangat baik. Kata Kunci: Pengembangan; Aplikasi; UMKM
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS "MACROMEDIA FLASH" PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV TEMA 6 SUB TEMA 1 AKU DAN CITA-CITAKU Antonius Edy Setyawan; Warkintin Warkintin; Y. Januariko
JUTECH : Journal Education and Technology Vol 1, No 1 (2020): JUTECH JUNI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jutech.v1i1.659

Abstract

ABSTRACTThe purpose of this research are to find out the development procedure which is conducted by the researcher on learning media based on macromedia flash 8 in class IV elementary school . This ressearch development is arranged based on the deveopmental stages by Luther, which is has 6 stages, namely (1) Concept (2) design (3) Material collecting (4) Assembly (5) Testing (6) Distribution. The data gathering tools that used are, media expert validation sheets, material expert validation sheets, and students response questionnaire sheets. Learning activity in the classroom are using macromedia flash 8 learning media, teacher lectures, and interactions with students.The  results of  media validators are 83%, categorized as “good” results, the results of material validators are 86%, categorized as “very good”. The results of  student’s questionnarie respose in beta test are 82%, categorized as “good”. Therefore it could be concluded the Development of Learning Media Based on Macromedia Flash on Thematic Learning Class IV Theme 6 Subtheme 1 Me and My Ideals are proper to use.Keywords: Development, Learning Media, Macromedia FlashABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kelayakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini disusun berdasarkan langkah pengembangan dari Luther, dimana terdapat 6 tahap, yaitu: (1) concept,  (2) design, (3) material collecting, (4) assembly, (5) testing, dan (6) distribution. Pengumpulan data menggunakan lembar angket dan dokumentasi. Alat pengumpul data berupa lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, dan lembar angket respon siswa. Kegiatan pembelajaran di kelas menggunakan media pembelajaran berbasis macromedia  flash 8, ceramah guru dan interaksi dengan siswa. Hasil  validasi ahli media sebesar  83%, berkategori “baik”, hasil validasi ahli materi sebesar 86%, berkategori “sangat baik”. Hasil angket tanggapan siswa di sekolah adalah 82% berkategori “baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash  Pada Pembelajaran  Tematik Kelas IV Tema 6 Sub Tema 1 Aku Dan Cita-Citaku dinyatakan layak digunakan.Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Macromedia Flash
ANALISIS BUTIR SOAL MATA KULIAH ALGORITMA PEMROGRAMAN Yasinta Lisa
JUTECH : Journal Education and Technology Vol 2, No 1 (2021): JUTECH JUNI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jutech.v2i1.1234

Abstract

ABSTRACTThis study aims to describe item analysis based on Bloom's taxonomy on the mid-semester test instrument for Programming Algorithms and Data Structures and its relation to student perceptions. The sample of the trial target is the Mid-Semester Test Question for the 2020/2021 Academic Year of the STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Computer Education Study Program. The research method uses descriptive quantitative research. The results of the data analysis showed that, the results of the validity test stated that of the 30 questions (90%) there were 27 questions which were declared valid and 3 (10) questions invalid. Test the reliability of the test items obtained in the high category. The difficulty level of the questions ranges from 83.3% (Easy Questions), 10% (Medium Questions), and 6.7% (Difficult Questions). The Distinguishing Power of Questions in the moderate category and the Detractor Index have mostly functioned well. The distribution of cognitive levels is mostly at C1 (50%), C2 (23.3%), C3 (6.7%), C4 (10%), C5 (6.7%), and C6 (3.35) . This result is not proportional for the higher education level.Keywords: validity; reliability; level of difficulty; discriminatory power; cognitive level; item analysis.ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis butir soal berdasarkan taksonomi bloom pada instrumen tes tengah semester mata kuliah Algoritma Pemrograman dan Struktur Data dan kaitannya dengan persepsi mahasiswa. Sampel sasaran uji coba yaitu Soal Tes Tengah Semester Tahun Akademik 2020/2021 Prodi Pendidikan komputer STKIP Persada khatulistiwa sintang. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa, hasil uji coba validitas menyatakan bahwa dari 30 soal (90%) terdapat 27 soal yang dinyatakan valid dan 3 (10) soal tidak valid.  Uji Reliabilitas soal tes diperoleh pada kategori tinggi. Tingkat Kesukaran Soal berkisar 83,3% (Soal Mudah), 10% (Soal Sedang), dan 6,7% (Soal Sukar). Daya Pembeda Soal pada kategori cukup dan Indeks Pengecoh sebagian besar telah berfungsi dengan baik. Sebaran tingkatan kognitif sebagian besar berada pada C1 (50%), C2 (23,3%), C3 (6,7%), C4 (10%), C5 (6,7%), dan C6 (3,35). Hasil ini belum proporsional untuk tingkatan Perguruan Tinggi. Kata Kunci: validitas; reliabilitas; tingkat kesukaran; daya pembeda; tingkatan kognitif; analisis butir soal.
PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI MENGGUNAKAN KOMPUTER BERBASIS WONDERSHARE QUIZ CREATOR Emanuela Utin; Hilarius Jago Duda; Hendrikus Julung
JUTECH : Journal Education and Technology Vol 1, No 2 (2020): JUTECH DESEMBER
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jutech.v1i2.1041

Abstract

The evaluation tool used in schools is still simple, so it has weaknesses in the assessment process and evaluation activities are not effective. So an interactive evaluation activities are not effective. Soa an interactive evaluation tool and habituation are needed for students because currently the computer-based national exams are. This study aims to produce an evaluation tool using a computer-based wondershare quiz creator on plant networks in class XI IPA SMA Nusantara Indah. The evaluation tool was developed using the Borg and Gall. The researh subjects ware 16 students af class XI IPA. The research instruments ware validation sheets, response questionnaires and learning outcomes tets. The validation results of material experts and media expersts ware 88,4% and 83,86%. The results of the effectiveness of the initial and main field trials of classical learning completeness ware 66,67% and 80%. The results of the quality valid items amounted to 10 questions. The learning outcomes using the wondershare quiz creator tool increased. So that the wondershare quiz creator-based evalution tool was developed worthy of being used as a learning evaluation tool.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MICROSOFT POWER POINT Anyan Anyan; Benediktus Ege; Hendry Faisal
JUTECH : Journal Education and Technology Vol 1, No 1 (2020): JUTECH JUNI
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jutech.v1i1.690

Abstract

ABSTRACTThe limitation of supporting media in the teaching and learning process causes the teaching and learning process to be less than optimal. To overcome this, it can be done by using interactive learning media based on Microsoft Power Point. The purpose of this study is to produce interactive PowerPoint learning products Microsoft Power Point to improve student learning outcomes in Thematic learning of the subtheme of the Beauty of the Nature of My Country in grade IV elementary school. The research method used is the published Borg and Gall research: preliminary studies, model development and model trials. The results showed that the interactive learning media developed was declared feasible. Media validation and material validation showed an average score of 82.50% and 79.16%. Student responses to teaching materials scored 81.75% in small-scale trials on large-scale trials receiving scores of 85%. The response teacher got a score of 71.7% and 89.13%. Based on the grades obtained, then the interactive learning media based on Microsoft Power Point is feasible to be applied to grade IV elementary school students.Keywords: Interactive Media, Multimedia, Power Point, Interactive LearningABSTRAKKeterbatasan media pendukung dalam proses belajar mengajar menyebabkan proses belajar mengajar menjadi kurang maksimal. Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Power Point. Tujuan penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Power Point untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik subtema Keindahan Alam Negeriku di kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Borg dan Gall yang meliputi: studi pendahuluan, pengembangan model dan uji coba model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dinyatakan layak. Validasi media dan validasi materi menunjukan nilai rata-rata skor sebesar 82,50% dan 79,16%. Respon siswa terhadap bahan ajar interaktif memperoleh skor 81,75% pada uji coba skala kecil sedangkan uji coba skala luas memperoleh skor sebesar 85%. Respon guru mendapat skor 71,7% dan 89,13%. Berdasarkan nilai yang diperoleh, maka media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Power Point layak diterapkan pada siswa kelas IV sekolah dasar.Kata Kunci: Media Interaktif, Multimedia, Power Point, Pembelajaran Interaktif
PENGARUH PEMANFAATAN WEB (WEB BASED LEARNING) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KECAKAPAN KEWARGANEGARAAN (CIVIC SKILL) SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SINTANG Pascalis Emanuel Chunoi; Antonius Edy Setyawan
JUTECH : Journal Education and Technology Vol 1, No 2 (2020): JUTECH DESEMBER
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jutech.v1i2.1203

Abstract

ABSTRACTThe advance of science and technology nowadays especially internet lead to the advance of human life. Unfortunetely, it has not used optimally in teacing and learning. Using web in teacing and learning probably can increase students motivation, and then increase of students achievement.Quasy experiment was used in this research, with in-take as a design. Learning motivation scale and achievement test was used to collect data. Data analysis data were conducted with descriptive statistic, then were analyzed by t-test and regression analysis.The research result showed that: (1) there was a positive effect of using Web in teaching and learning on students motivation on civic education in class XI SMA Negeri 2 Sintang significantly; (2) there was a positive effect of using Web in teaching and learning on students achievent on civic education in class XI SMA Negeri 2 Sintang significantly;  and (3) there was a direct and indirect effect of using Web in teaching and learning on civic skill through learning motivation on civic education in class XI SMA Negeri 2 Sintang.Keywords: Web Based Learning ; Learning Motivation; Students; Science Achievement.ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya perkembangan IPTEK terutama teknologi internet belakangan ini di satu pihak, namun belum dimanfaatkan secara optimal di lain pihak. Pemanfaatan web dalam pembelajaran  boleh jadi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, dan sekaligus juga meningkatkan perolehan belajarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekperimen semu, dengan rancangan in-take. Instrument yang digunakan adalah skala motivasi belajar  dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan secara deskriptif, kemudian dilanjutkan dengan uji-t dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada pengaruh positif yang signifikan dari pembelajaran berbasis Web (Web Based Learning)  terdapat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas XI di SMA Negeri 2 Sintang; (2) ada pengaruh positif yang signifikan dari pembelajaran berbasis Web (Web Based Learning) terhadap perolehan kecakapan kewarganegaraan (civic skill) siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas XI di SMA Negeri 2 Sintang, dan (3) ada pengaruh langsung dan tidak langsung Pembelajaran Berbasis Web (web based learning) terhadap perolehan percakapan kewarganegaraan (civic skill) melalui motivasi belajar pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaran kelas XI di SMA Negeri 2 Sintang Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Web; Motivasi Belajar; Perolehan Belajar PKn
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK BERBASIS PROBLEM BASE LEARNING DENGAN ADOBE PHOTOSHOP Yasinta Lisa; Florentina Rahayu Esti Wahyuni; Tirsianus Tirsianus
JUTECH : Journal Education and Technology Vol 1, No 2 (2020): JUTECH DESEMBER
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jutech.v1i2.1055

Abstract

ABSTRACTThis study aims to determine the feasibility of problem-based learning comics using Adobe Photoshop software in learning respiratory system material in humans. Development techniques refer to the 4-D model (Define, Design, Development & Disseminate). 1 material expert, 1 media expert, 1 biology teacher were assessed for its eligibility, then conducted a limited trial. Collecting research data using expert assessment questionnaires and test questions. The results of the validation of the media expert of 81.63% were categorized as Very Good and the results of the validation of the material experts by 88.53% were categorized as Very Good. The results of feasibility by users of biology teachers were 86.66% categorized as Very Good and the results of eligibility by student users were 82.2% categorized as Very Good. The results of different tests with paired t test obtained t count = 23.057 with sig (p) = 0.000. Obtained t count ≥ t table (2.069) and p <0.05, it can be concluded that there are significant differences in learning before and after using comics and comics, this is feasible and interesting to develop.Keywords: Comics, Problem Based Learning, Learning OutcomesABSTRAKPenelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan komik berbasis problem based learning menggunakan software adobe photoshop pada pembelajaran materi sistem pernapasan pada manusia. Teknik pengembangan merujuk pada model 4-D (Define, Design, Development & Disseminate). Komik dinilai kelayakannya oleh 1 Ahli Materi, 1 Ahli Media, 1 Guru Biologi, kemudian melakukan uji coba terbatas. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket penilaian ahli dan soal tes. Hasil validasi ahli media sebesar 81,63% dikategorikan Sangat Baik dan hasil validasi ahli materi sebesar 88,53% dikategorikan Sangat Baik. Hasil kelayakan oleh pengguna guru biologi sebesar 86,66% dikategorikan Sangat Baik dan hasil kelayakan oleh pengguna siswa sebesar 82,2% dikategorikan Sangat Baik. Hasil uji beda dengan uji t berpasangan diperoleh t hitung = 23,057 dengan sig (p) = 0,000. Diperoleh t hitung ≥ t tabel (2,069) dan p < 0,05, maka disimpulkanKata Kunci: Komik, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Page 1 of 4 | Total Record : 36