Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial
Vol 3, No 1 (2021): Adaptabilitas & Strategi Inovasi Desain Sosial (Di Masa Pandemi)

Perancangan Video Tutorial untuk SDN Panongan 3 Sebagai Solusi Edukasi Pelestarian Lingkungan di Masa Pandemi

Alfiansyah Zulkarnain (Universitas Pelita Harapan)
Gwyneth Vannia (Universitas Pelita Harapan)
Eunike Florencia (Universitas Pelita Harapan)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2021

Abstract

SD Negeri Panongan 3 merupakan sekolah dasar negeri yang terletak di Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten. Kegiatan edukasi pelestarian lingkungan  yang merupakan bagian dari program Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) SDN Panongan 3, kini tidak dapat diimplementasikan dikarenakan oleh pandemi COVID-19.Solusi dari permasalahan yang didapatkan bersama-sama dengan mitra adalah melalui perancangan video tutorial tugas interaktif mengenai pengolahan sampah plastik. Perancangan ini menggunakan metode Design Thinkingsebagai panduan tahapan desain untuk menemukan masalah desain dan solusi desain. Dalam proses desainnya, digunakan metode Participatory Action Research yang mana melibatkan pihak stakeholder seperti pimpinan sekolah, guru-guru, dan para orangtua murid, dan para siswa-siswi dalam menentukan masalah desain, perancangan desain, dan implementasi solusi desain. Selain itu, digunakan metode Piramida Freytag untuk merancang tahapan video tutorial. Hasil pengukuran efektifitas solusi desain menunjukkan hasil yang positif dan membuktikan bahwa proyek ini telah berjalan dan diterima para murid SDN Panongan 3 dengan baik. Proyek ini berhasil meningkatkan pemahaman dan kepedulian siswa/i terhadap isu lingkungan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JSDIS

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Journal of Design Strategy and Social Innovation is a peer reviewed journal that discusses cutting edge design advancement, strategically and innovatively, in specific areas that drive social change in society. On a greater scale, the journal aims to produce design knowledge that is empowering, ...