Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam
Vol 8, No 2 (2018): Desember

Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Guided-Inquiry Learning dan Motivasi Belajar

Hambali Handayani (Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2018

Abstract

Dengan dilaksankannya Kurikulum 2013 ada tuntutan perubahan dalam proses pelaksanaan belajar mengajar di dalam kelas, dari pengajaran kepada pembelajaran. Motivasi belajar sebagai salah satu faktor penting dalam mencapai perubahan dalam belajar siswa, dapat ditentukan oleh metode mengajar guru untuk membelajarkan siswa. Kooperatif learning dalam bentuk inkuiri terbimbing (guided-Inkuiri Learning) sebagai salah satu metode dalam pembelajaran dapat menumbuhkan motivasi siswa dan hasil belajar siswa dalam belajar. Dari hasil penelitian yang sudah dilaksakan dapat ditemukan jawaban bahwa kooperatif leraning dengan menggunakan metode mengajar guided leraning dapat menumbuhkan bahkan meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa dalam mencapai tujuan belajar. Hasil belajar peserta didik menjadi lebih bisa diukur berdasarkan indikator capaian pembelajaran, baik kognitif, afektik, psikomotoriknya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

tiftk

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Tarbiyah Islamiyah adalah jurnal yang memuat artikel Pendidikan Agama Islam baiak berupa hasil penelitian atau hasil kajian tentang Pendidikan Agama Islam dan kajian Agama Islam ...