Sekolah merupakan tempat formal dimana seseorang dapat memperoleh ilmu dan pengetahuan, memberikan keterampilan dasar dan pembentukan karakter. Kegiatan pembelajaran serta buku ajar yang digunakan hendaknya lebih difokuskan pada mata pelajaran muatan lokal yang mengajarkan tentang berbagai kearifan lokal di daerah tempat tinggal siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan buku ajar tematik berbasis kearifan lokal Trenggalek untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-posttest Only Control Group Design. Data yang dihasilkan dari penelitian yang berasal dari post-test dianalisis menggunakan uji statistik non parametrik dengan uji Mann-Whitney U dengan bantuan software SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji non parametrik dengan uji Mann-Whitney U diketahui bahwa Asymp.Sig. (2-tailed) nilainya 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan hipotesis diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan sebelum dan sesudah penggunaan buku ajar tematik berbasis kearifan lokal Trenggalek.
Copyrights © 2021