Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 10 No. 4 (2021): DIDAKTIKA November 2021

Redesign Lembar Kerja Siswa Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Bahasa Akhlak

Hijerani Hamid (IAIN Palopo)
Nurdin K. (IAIN Palopo)
Mirnawati (IAIN Palopo)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Redesign (mendesain ulang) Lembar Kerja Siswa (LKS) Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Bahasa Akhlak di kelas V SDIT Al-Bashirah Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui rancangan/design LKS matematika dengan menggunakan bahasa akhlak di kelas V SDIT Al-Bashirah Kota Palopo; Untuk mengetahui tingkat kevalidan LKS matematika dengan menggunakan bahasa akhlak di kelas V SDIT Al-Bashirah Kota Palopo. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (Penelitian dan Pengembangan) dengan mengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap utama yaitu, Define (Pendefinisian), Design (Desain), Develop (Pengembangan), dan Desseminate (Penyebaran). Akan tetapi pada penelitian ini, peneliti membatasi tahap penelitian pada tahap Develop (Pengembangan). Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi dengan analisis data berupa uji validitas LKS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rancangan/design LKS matematika dengan menggunakan bahasa akhlak mengacu pada model pengembangan 4-D dengan mendesain ulang LKS rujukan dari segi bahasa dan tampilan LKS menjadi tampak Islami, (2) LKS matematika dengan menggunakan bahasa akhlak telah memenuhi kriteria bahan ajar yang valid yaitu rata–rata penilaian 3,49 berada pada kategori valid.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...