Setiap perusahaan memiliki cara dan kebijakan masing-masing dalam mengelola aspek pertanggungjawaban kepada lingkungan. Tidak dapat dipungkiri koneksi politik yang dimiliki perusahaan memiliki berbagai manfaat bagi perusahaan itu sendiri. Masuknya politik didalam dunia bisnis didasari oleh saling membutuhkan, pengusaha membutuhkan politik untuk menyelamatkan dan mengembangkan usaha mereka begitu juga politik membutuhkan dukungan materil untuk keberlangsungan politik mereka. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk melihat dan menguji apakah perusahaan yang berkoneksi politik baik dalam kinerja lingkungan yang berdampak baik pada nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan multivariat untuk menguji 320 sampel pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa perusahaan yang mempunyai koneksi politik mempunyai kesempatan untuk mendapatkan skor yang tinggi dalam kinerja lingkungannya. Karena perusahaan akan memanfaatkan koneksinya untuk merubah atau meningkatkan nilainya.
Copyrights © 2022