Informatics and Digital Expert (INDEX)
Vol. 3 No. 1 (2021): INDEX, MEI 2021

Sistem Segmentasi Keluhan Pelanggan di Perumda Air Minum Tirta Raharja Cimahi Menggunakan Metode K-Medoids

Febry Ramadhan (Universitas Jenderal Achmad Yani)
Yulison Herry Chrisnanto (Universitas Jenderal Achmad Yani)
Ade Kania Ningsih (Universitas Jenderal Achmad Yani)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Perumda Air Minum Tirta Raharja Cimahi merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelayanan pengelolaan air minum dan pengelolaan sarana air limbah di kabupaten Bandung Barat, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang mencakup aspek ekonomi, sosial, kesehatan dan pelayanan umum, namun dalam prosesnya tentu saja perusahaan banyak menerima keluhan dari konsumen yang berasal dari berbagai golongan pelanggan dengan jenis keluhan yang berbeda – beda, dari keluhan – keluhan tersebut tentu ada kecenderungan jenis keluhan yang ada pada suatu wilayah tertentu. Masalah yang ada meliputi tidak mengalirnya air, air yang berbau, dan lain sebagainya. Pendekatan yang digunakan untuk menyelesaikan masalah pada penelitian ini adalah menggunakan K-Medoids clustering. K-Medoids adalah teknik partisi yang berfungsi untuk mengelompokkan data set dari n objek kedalam kelompok k yang dikenal apriori. Dibandingkan dengan K-Means, K-Medoids lebih kuat untuk mengatasi kebisingan (noise) dan pencilan (outlier) karena meminimalkan sejumlah dissimiliarities berpasangan, bukan jumlah kuadrat jarak Euclidean.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

informatics

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

INDEX merupakan Jurnal Informatika yang bertujuan untuk mengembangkan penelitian di bidang: Application E-Healthcare, E-Learning, E-Manufacturing, E-Commerce, E-Bussiness, E-Procurment E-Goverment, E-Governance Intellegent System Sistem Pakar Jaringan Syaraf Tiruan Algoritma Genetika Robotika Sistem ...