jurnal dikdas bantara
Vol 5, No 1 (2022)

Peningkatan Keterampilan Membaca Aksara Jawa Melalui Model Quantum Learning dengan Media Kartu Kata

sutomo sutomo (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca aksara jawa melalui model Quantum Learning di SD Negeri 1 Gidangelo Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020.  Tempat penelitian di SD Negeri 1 Gidangelo Jepara. Subjek penelitian adalah  siswa kelas III dengan jumlah 40 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan yang dilakukan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, lembar observasi/pengamatan dan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil prasiklus dengan siklus I, siklus II dan siklus III, dilanjutkan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan membaca aksara jawa melalui model Quantum Learning di SD Negeri 1 Gidangelo Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini terlihat dari hasil penelitian dan pembahasan prasiklus sampai siklus III.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dikdasbantara

Publisher

Subject

Other

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. Berisi artikel-artikel yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian di bidang kependidikan baik yang ditulis dalam bahasa ...