Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan
Vol 4 No 2 (2021): Sustainable

Upaya Optimalisasi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Melalui Bimbingan Supervisi Kombinasi Terhadap Guru SMA Negeri 1 Muntok

Amrullah Amrullah (SMA Negeri 1 Muntok)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui upaya optimalisasi pembelajaran masa pandemi COVID-19 melalui bimbingan supervisi kombinasi terhadap guru di SMAN 1 Muntok. Subjek penelitian ini yaitu semua guru berstatus PNS selain guru BK berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah penyebaran angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan peningkatan kemampuan pembelajaran guru dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran masa pandemi COVID-19 di SMAN 1 Muntok dapat dilakukan dengan cara melaksanakan supervisi kombinasi secara berkelanjutan kepada guru. Hal ini dapat dilihat dari persentase angket kompetensi pembelajaran berada pada kategori tinggi yaitu terjadi peningkatan siklus 1 pembelajaran tatap muka 67,78%, pembelajaran daring/online 62,29% dan siklus 2 pembelajaran tatap muka 77,86%, sedangkan pembelajaran daring/online 76,18%. Kemudian, ketercapaian data observasi siklus 1 pembelajaran tatap muka 68,83%, serta pembelajaran daring/online 63,34% berada pada kategori baik/minimal dan siklus 2 pembelajaran tatap muka 77,06%, serta pembelajaran daring/online 76,41% berada pada kategori baik sekali/optimal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sus

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Sustainable Journal is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by the Quality Assurance of Bangka Belitung State Islamic Institute (LPM - IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung). Sustainable Journal is providing a platform that welcomes and acknowledges ...