Edusiana : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam
Vol. 9 No. 1 (2022): EDUSIANA : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

KEPEMIMPINAN DEMOKRASI PADA MADRASAH

Mochammad Maulana Robbi (Institut Agama Islam Darullughah Wadda’wah Bangil Pasuruan)
Muhammad Ubaidillah (Institut Agama Islam Darullughah Wadda’wah Bangil Pasuruan)
Akhmad Fauzi Hamzah (Institut Agama Islam Darullughah Wadda’wah Bangil Pasuruan)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2022

Abstract

Tujuan artikel ini untuk menjelaskan tentang kepemimpinan demokratis yang tepat untuk diterapkan di Madrasah. Masalah yang urgen di madrasah saat ini kepemimpinan belum menunjukkan yang demokratis. Adapun Metode pengumpulan data di penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan dengan mengumpulkan jurnal, hasil penelitian, buku yang mendukung tema penelitian, diantaranya literatur tentang kepemimpinan yang meliputi bentuk kepemimpinan demokratis, dan model kepemimpinan demokratis. Sedangkan hasil penelitian ini mengambarkan bahwa kepemimpinan demokratis sangat dibutuhkan dan penting untuk mengatasi serta mewujudkan madrasah bermutu dimasa depan. Kata Kunci : kepemimpinan demokratis, madrasah DAFTAR RUJUKAN Akbar, N. (2017). Tipe dan Gaya Kepemimpinan Pendidikan dan Dakwah. Jurnal Ilmu dan Teknik Dakwah Vol. 05 No. 09 , 41-62. Bass, Bernard M., dan Riggio, Ronald E. (2006). Transformational Leadership. New Jersey: Lawrence Elrbaun Associates, New York: Simmon and Schuster Basri.H. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Pustaka Setia Fauzi, A., & Muali, C. (2018). Menelusuri Jejak dan Kiprah Kiai Mohammad Hasan Genggong; Dalam Membangun Kepemimpinan Spritual-Transformatif. Islam Nusantara , LTN PBNU, 2(1), 17–31 Gunawan, R. N. D. Dan L. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Terhadap Kinerja Karyawan. Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(3), 1. Hefniy. (2016). Kyai Leadership in Improving Organizational PErformance in Pesantren. Proceeding, 2nd ICET Theme:“Improving The Quality Of Education And Training Through Strengthening Networking,” 324 Hakim, A. R., & Yahya, M. (2014). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus Di SMA PPMI Assalam Surakarta). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(1), 67–77 Hardono, Haryono, A. Y. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah , Supervisi Akademik , Dan Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Unnes. Idawati. (2013). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru. Jurnal Eklektika, 1(2), 162. Indra Yugusna, Azis Fathoni, A. T. H. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Dan Kedisiplinan Karyawan. Journal Of Management, 2(2), 1. Idris. M (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Guru. Manajer Pendidikan, 10(04), 411–415. Kusmanto, (2013) Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Berbasis Ketamansiswaan, Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 8, No. 2, Hal 122 – 148 Karwati, & Priansa, D. J. (2013). Kinerja Dan Profesionalisme Kepala Sekolah: Membangun Sekolah Yang Bermutu. Bandung: Alfabeta Kusmintardjo, Ubaidillah. M, Imron. A, & Budi.B. (2016). Principal Visionary Leadership In Organizational Culture. Proceeding ICET Vol.02 . Hal. 597-603 Laliasa, G., Nur, M., & Tambunan, R. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis , Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Perkebunan Dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tenggara. Journal Of Economic And Business. Natalia. R, Djunaedi, dan Gunawan. L. (2018). Pengaruh gaya kepemimpinan demokratis terhadap kinerja karyawan. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 3, Nomor 3 Priyono, & Rahayu. A. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Pengembangan Karier Guru Smk Di Kabupaten Boyolali. E-Jurnal Ekonomi, 4(1), 25–44. Rohmat, (2010). Kepemimpinan Pendidikan Konsep Dan Aplikasi. Purwokerto: Stain Press. Susanti. Y. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda. E-Journal Ilmu Administrasi Negara Vol.3 No. 1. Setiawan, A. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja. AGORA Vol. 5 No. 3 Syamsidar, dan Listiya Y. (2019). Kepemimpinan demokratis dalam upaya meningkatkan motivasi kerja pegawai. Prosiding seminar nasional pendidikan program pascasarjana universitas pgri Palembang Sukma, O., & Hidayati. (2020). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sdn 2 Bencah Kabupaten Bangka Selatan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(2), 258–265. Https://Doi.Org/10.17509/Jap.V27i2.26429 Ubaidillah. M, & Wijoyo. I . (2016). Visionary leadership in entrepreneurship. The Third International Conference on Entrepreneurship. Hal. 355- 361 Ubaidillah, M. (2017). The competence head of junior high school national standard pondok pesantren based. International Research-Based Education Journal, Vol. 1 No. 2, Ubaidillah, U, Imron, A, Budi. B, Arifin, A. (2019). Inovation Leadership In Improving The Quality Of Quality Of Education. Jurnal IJMET. Vol.08. Hal.1288-199 Wahab, & Umiarso. (2011). Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual. Yogyakarta: Ar-Ruz Media. Yunita. S, Khosiah. S, & Maryani. K. (2020) Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru PAUD. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi Vol. 04 No. 1, Hal. 20-29 E-ISSN : 2549-7367

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edusiana

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Library & Information Science

Description

Jurnal ini terbit 2 kali setahun menyajikan 5 artikel baik hasil penelitian maupun pemikiran yang terkait dengan bidang manajemen dan pendidikan Islam. Para penulis akan menempuh tahapan seleksi dari redaktur dan ...