KLITIKA Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 3, No 2 (2021)

Problematika Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19

Purwanti, Dwi Setiyadi, Lulus Irawati (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan masalah yang terjadi dalam implementasi  program gerakan literasi sekolah di masa pandemi covid-19 melalui  pembiasaan membaca. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi informan (narasumber), peristiwa, serta dokumen atau arsip. Tempat penelitian pada SDN 1 Tegalombo Kecamata Kauman Kabupaten Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program gerakan literasi sekolah melalui pembiasaan membaca pada peserta didik SDN 1 Tegalombo di masa pandemi covid-19 tidak bisa berjalan secara baik karena banyak mengalami kendala, sehingga hasil yang diperoleh tidak maksimal sebagaimana sebelum wabah terjadi. Dalam program ini mau tidak mau peserta didik, orang tua dan pendidik harus belajar dan melek IT. Banyaknya masalah yang terjadi dalam implementasi program pembiasaan membaca pada SDN 1 Tegalombo dimasa pandemi Covid-19 tersebut tidak hanya karena faktor SDM saja tetapi karena faktor SDA juga

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

klitika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

KLITIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia publishes manuscripts on research in language teaching, literature, and linguistics. KLITIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia features research novelties and significance for science advancement in one of the fields of the ...