Jurnal Dedikasi
Vol 23, No 2 (2021): Jurnal Dedikasi

Pengaruh Pemberian Informasi Terhadap Sikap dan Pengetahuan Tentang Kekerasan Seksual Berbasis Gender Online

Novita Maulidya Djalal (Universitas Negeri Makassar)
A. Nur Aliyah Fadhilah Usman (Universitas Negeri Makassar)
May Angriany Sudirman (Universitas Negeri Makassar)
Annisa Khairun Ummah (Universitas Negeri Makassar)
Chichi Salwa (Universitas Negeri Makassar)
Dian Oktaviana Nasir (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Abstrak. Kekerasan Berbasis Gender Online menjadi isu yang penting, dilihat dari data yang diperoleh dari beberapa sumber bahwa terjadi peningkatan Kekerasan Berbasis Gender Online seiring terjadinya peningkatan penggunaan media sosial pada masa pandemi Covid-19. Kekerasan seperti pelecehan seksual yang biasanya terjadi di ruang publik kini juga dapat terjadi melalui media online. Jumlah partisipan pada kegiatan ini adalah 110 yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Metode yang digunakan adalah kuesioner tertutup (untuk mengetahui gambaran pengalaman, sikap, dan pengetahuan peserta) dan pemberian informasi melalui kegiatan Talkshow. Hasil menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap positif peserta terkait KBGO. Pre-test menunjukkan bahwa jumlah peserta dominan pada tingkat sedang pada aspek sikap dan pengetahuan, kemudian meningkat menjadi tingkat tinggi setelah pemberian informasi melalui Talkshow.Kata kunci: Kekerasan Berbasis Gender Online, Media Online, Kekerasan Seksual

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dedikasi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: 1. Education for ...