Bioeduca : Journal of Biology Education
Vol 2, No 1 (2020): Bioeduca : Journal of Biology Education

Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Bercerita Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Materi Ekosistem

Inayatus Solekhah (Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)
Nur Khasanah (Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)
Anif Rizqianti Hariz (Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2020

Abstract

Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam menciptakan proses pembelajaran sesuai peraturan yang berlaku dengan menggunakan media ular tangga bercerita yang diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pendidikan karakter. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan tes soal uraian kemampun berpikir kritis. Sampel ujicoba produk skala besar produk ini diujikan secara kuasi eksperimen yakni pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil kelayakan produk menunjukkan produk tergolong dalam kategori sangat layak digunakan. Respon siswa termasuk kategori sangat menarik. Keefektivan media pembelajaran diperoleh rata-rata kelas ekperimen 74.2 sedangkan rata-rata kelas kontrol 66.07. Ha diterima dan Ho di tolak, disimpulkan terdapat perbedaan hasil post-test kelas ekperimen dengan kelas kontrol.Uji N-gain didapatkan nilai kelas kontrol 35.32 dan nilai kelas eksperimen 43.48 yang berarti sedang, disimpulkan penggunaan media ular tangga bercerita berbasis pendidikan karakter terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada materi ekosistem.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BIOEDUCA

Publisher

Subject

Education

Description

Bioeduca: Journal of Biology Education is an open access journal published by Department of Biology Education Faculty of Science and Technology, UIN Walisongo Semarang. Bioeduca aims to accommodate all the writings of research, development, and application of biological education. Researchers and ...