MAGISTRA
Vol 24, No 82 (2012): Magistra Edisi Desember

BAGAIMANA MENGAJAR ANAK TUNANETRA (DI SEKOLAH INKLUSI)

Abdullah, Nandiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2012

Abstract

Anak tunanetra cenderung memiliki berbagai masalah baik yang berhubungan dengan pendidikan, sosial, emosi, kesehatan, pengisian waktu luang maupun pekerjaan. Semua masalah tersebut perlu diantisipasi dengan memberikan layanan pendidikan, arahan, bimbingan, latihan sehingga masalah yang timbul dapat diantisipasi sedini mungkin. Klasifikasi anak tunanetra ada enam : 1. Anak tunanetra total bawaan atau yang diderita sebelum usia 5 tahun. 2. Anak tunanetra total yang diderita setelah usia 5 tahun. 3. Anak tunanetra sebagian karena faktor pembawaan. 4. Anak tunanetra sebagian akibat sesuatu yang didapat kemudian. 5. Anak dapat melihat sebagian karena faktor bawaan. 6. Anak dapat melihat sebagian akibat tertentu yang didapat kemudian. Kata kunci : anak tunanetra, etiologi, motorik

Copyrights © 2012