cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. klaten,
Jawa tengah
INDONESIA
MAGISTRA
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Majalah Ilmiah Universitas Widya Dharma Klate
Arjuna Subject : -
Articles 397 Documents
TELEVISION AS INFORMAL EDUCATION : THE ROLE OF EDUCATIONAL TELEVISION Erlangga, Rifqi Aulia
MAGISTRA Vol 24, No 81 (2012): Magistra Edisi September
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.153 KB)

Abstract

Media televisi sebagai sarana pembelajaran informal, belakangan ini sedikit kurang terperhatikan.Banyak kalangan yang terlalu berfokus pada sisi negatif televisi sehingga penggunaan media ini untuk saranapendidikan justru kurang diperbincangkan, apalagi dikaji secara ilmiah dan mendalam, agar ditemukan formulayang tepat dan efisien untuk menggunakan televisi sebagai sarana pendidikan alternative yang justru memilikiperanan cukup vital. Di masa lalu istilah “Televisi Pendidikan” sudah dapat memberikan gambaran secaraumum bagaimana Televisi dapat dimanfaatkan sebagai media yang memberikan pendidikan secara informal,namun memiliki dampak yang luar biasa positif. Di antara begitu banyak keuntungan dari penggunaan mediatelevisi, diantaranya adalah kemampuannya untuk membuat penonton secara aktif lebih terlibat, dan pengaruhjangka panjang yang secara terus-menerus memberikan dampak positif, bahkan hingga berbulan-bulankemudian, setelah menyaksikan suatu program pendidikan ditelevisi. Oleh karenanya tantangan yangsesungguhnya saat ini adalah untuk menemukan formula pendidikan yang tepat, aplikatif dilayar kaca, dansekaligus dapat mengatasi berbagai masalah teknis, terkait proses produksi sebuah program pendidikan, ditelevisi. Kata kunci: Pendidikan informal, televisi pendidikan.
KESULITAN BELAJAR Suryani, Yulinda Erma
MAGISTRA Vol 22, No 73 (2010): Magistra Edisi September
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.153 KB)

Abstract

n/a
PRINSIP KERJASAMA Pranawa, Erry
MAGISTRA Vol 23, No 58 (2006): Magistra Edisi September
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.153 KB)

Abstract

n/a
REMOTE KONTROL I/O KOMPUTER DENGAN PROTOKOL TCP/IP ., Sutiyo
MAGISTRA Vol 19, No 61 (2007): Magistra Edisi Juni
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.153 KB)

Abstract

n/a
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MIKROSENDOSKOPIK PBM Murtono, Sri
MAGISTRA Vol 26, No 87 (2014): Magistra Edisi Maret
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.153 KB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk memberikan model pembelajaran yang aktif , inovatif kreatif, efekrif dan menyenagkan yang berbasis pada materi nyata serta menanamkan pola pikir aktif, kooperatif dan kreatif dengan tidak monoton dalam proses pembelajaran klasikal, sehingga terjadi interaksi maksimal dan menyeluruh dari semua komponen pembelajaran. Pengembangan media pembelaran ini mengadopsi pada jenis metode pengembangan research and development. Hasil media pembelajaran ini membuktikan adanya peningkatan metode mengajar baru yaitu; mempermudah pemahaman murid terhadap pelajaran dari 47.5% menjadi 82.5 %; interkasi pebelajaran murid dari 47.75 % menjadi 77.5 % dan kepraktisan penggunaan media dari 50 % menjadi 67.5 %. Kata kunci: Pengembangan, Media pembelaran, Mikroskopik, Endoskopik. PBM.
BERBAGAI VARIASI KATA KERJA BENTUK -ING Haryanti, Sri
MAGISTRA Vol 22, No 74 (2010): Magistra Edisi Desember
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.153 KB)

Abstract

The verb –ing form in English can be in several categories, such as verb, noun, adjective and adverb. As verb, verb –ing form is as a predicate showing progressive tense, e.g. “The children are playing football”. As noun, verb –ing form being given the name ‘gerund’ functions as subject, e.g. “Studying English is very important”, as subjective complement, “Our task is studying English”, as object of verb “The students enjoy studying English”, as object of preposition “All of us are interested in studying English”. As adjective, verb –ing form modifies noun, e.g. “The studying students look serious”. As adverb, verb –ing form modifies a clause, e.g. “Studying English, the students can know the references written in English”. Verb –ing form is also used in absolute construction, e.g. “The students studying English, their horizons become expanding. Key words: verb –ing form, adjective, gerund.
KINDS OF SUPRASEGMENTAL FEATURES AND THEIR IMPLEMENTATION IN TEACHING AND LEARNING PRONOUNCIATION Haryanti, Sri
MAGISTRA Vol 23, No 78 (2011): Magistra Edisi Desember
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.153 KB)

Abstract

Bahasa terdiri dari bunyi dan makna. Dalam komunikasi lisan manusia pasti memerlukan dua fitur yaitu segmental dan suprasegmental. Fitur suprasegmental terdiri atas titi nada, intonasi, durasi, dan tekanan. Paper ini membicarakan bagaimana mengimplementasikan fitur-fitur suprasegmental yang selalu menyertai fitur-fitur segmental dalam pembelajaran cara pengucapan. Titi nada terdiri atas empat tingkat: 1) nada rendah untuk mengakhiri suatu kalimat, 2) nada sedang untuk memulai kalimat, 3) nada tinggi untuk menyertai tekanan paling keras, 4) nada sangat tinggi untuk tuturan yang tegas. Nada adalah bunyi yang berkenaan dengan kualitas, titi nada, kekuatan. Intonasi mengacu pada penggunaan lagu dan naik turunnya suara dalam berbicara. Intonasi dapat menyampaikan makna gramatikal dan sikap penutur; dapat mengatakan apakah penutur membuat pernyataan atau bertanya; juga dapat menunjukkan apakah penutur percaya, ragu, malu, terganggu atau tidak sabar. Durasi mengacu pada periode waktu selama bunyi dihasilkan dalam tuturan. Tekanan mengacu pada sejumlah volume yang penutur berikan pada bunyi tertentu, suku kata atau kata ketika mengatakannya. Implementasi fitur-fitur suprasegmental dalam pembelajaran cara pengucapan dapat dilakukan di setiap tingkat pendidikan: SD, SMP, SMA, PT dengan menggunakan prinsip, teknik dan strategi tertentu. Kata-kata kunci: suprasegmental, implementasi, pembelajaran, cara pengucapan.
HUKUM KEWARGANEGARAAN INDONESIA MENURUT UNDANG - UNDANG NOMOR 12 TAHUN 2006 Darmo, M. Pujo
MAGISTRA Vol 22, No 74 (2010): Magistra Edisi Desember
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.153 KB)

Abstract

n/a
DESIGNING A TEACHING-LEARNING BASED ON LANDAMATICS IN COMPUTER ARCHITECTURE AND ITS EFFECT IN ACHIEVEMENTDESIGNING A TEACHING-LEARNING BASED ON LANDAMATICS IN COMPUTER ARCHITECTURE AND ITS EFFECT IN ACHIEVEMENT F, Dr. Riyadh; Sheraa, Hameed Al; Abdul-kader, Sameera A
MAGISTRA Vol 25, No 84 (2013): Magistra Edisi Juni
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.153 KB)

Abstract

Computer architecture is important and difficult subject in computer department, so it needs always to learn and teach it carefully and in more interest. This is because computer architecture deals with software and hardware, and it needs theoretical and practical aspects. The research has aimed to prepare a teaching according to Landa theory in computer architecture subject and check its effect on achievement of the student of 2nd stage in computer department of Education College in Diyala University. This research deals with designing a learning system for teaching computer architecture. In this project the sample was (74) students divided into two groups (38) as experimental and (36) as control. The researchers tool was an achievement test containing (15) items to estimate the levels of Meril classification “ remember, use, and exploration”. The result which used T-test that Experimental group that had learned according to Landamatics scores more than Control group in achievement test. Hence that it was concluded that the knowledge orientation in the organized educational activities that were organized
MODEL PEMBELAJARAN BAHA INGGRIS TERPADU : Sebuah Peningkatan Empat Keterampilan Berbahasa : Listening, Speaking, Reading, dan Writing di STPN Yogyakarta Wiyono, Slamet
MAGISTRA Vol 19, No 60 (2007): Magistra Edisi Maret
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.153 KB)

Abstract

n/a

Page 1 of 40 | Total Record : 397


Filter by Year

2002 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 30, No 103 (2018): Magistra Maret Vol 29, No 102 (2017): Magistra Desember Vol 29, No 101 (2017): Magistra September Vol 29, No 100 (2017): Magistra Juni Vol 29, No 99 (2017): Magistra Maret Vol 28, No 98 (2016): Magistra Desember Vol 28, No 97 (2016): Magistra September Vol 28, No 96 (2016): Magistra Juni Vol 28, No 95 (2016): Magistra Maret Vol 26, No 91 (2015): Magistra Edisi Maret 2015 Vol 27, No 93 (2015): Magistra September Vol 27, No 92 (2015): Magistra Juni Vol 27, No 91 (2015): Magistra Maret Vol 26, No 94 (2015): Magistra Desember Vol 26, No 93 (2015): Magistra Edisi September Vol 26, No 92 (2015): Magistra Edisi Juni Vol 26, No 90 (2014): Magistra Edisi Desember Vol 26, No 89 (2014): Magistra Edisi September Vol 26, No 88 (2014): Magistra Edisi Juni Vol 26, No 87 (2014): Magistra Edisi Maret Vol 25, No 86 (2013): Magistra Edisi Desember Vol 25, No 85 (2013): Magistra September Vol 25, No 84 (2013): Magistra Edisi Juni Vol 25, No 83 (2013): Magistra Edisi Maret Vol 24, No 82 (2012): Magistra Edisi Desember Vol 24, No 81 (2012): Magistra Edisi September Vol 24, No 80 (2012): Magistra Edisi Juni Vol 24, No 79 (2012): Magistra Edisi Maret Vol 23, No 78 (2011): Magistra Edisi Desember Vol 23, No 76 (2011): Magistra Edisi Juni Vol 23, No 75 (2011): Magistra Edisi Maret No 77 (2011): Magistra Edisi September Vol 22, No 74 (2010): Magistra Edisi Desember Vol 22, No 73 (2010): Magistra Edisi September Vol 22, No 72 (2010): Magistra Edisi Juni Vol 21, No 70 (2009): Magistra Edisi September Vol 21, No 69 (2009): Magistra Edisi Juni Vol 21, No 68 (2009): Magistra Edisi Maret Vol 20, No 67 (2008): Magistra Edisi Desember Vol 19, No 61 (2007): Magistra Edisi Juni Vol 19, No 60 (2007): Magistra Edisi Maret Vol 23, No 58 (2006): Magistra Edisi September Vol 27, No 55 (2005): Magistra Edisi Desember Vol 26, No 50 (2004): Magistra Edisi September Vol 26, No 48 (2004): Magistra Edisi Maret Vol 16, No 51 (2004): Magistra Edisi Desember Vol 16, No 49 (2004): Magistra Edisi Juni Vol 16, No 48 (2004): Magistra Edisi Maret Vol 14, No 40 (2002): Magistra Edisi Maret More Issue