Journal for Lesson and Learning Studies
Vol 5, No 1 (2022): April

Penggunaan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Sasingan, Mardince (Unknown)
Wote, Alice Yeni Verawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan apakah hasil belajar siswa yang dikenai model pembelajaran  Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan  populasi 16 orang siswa. Metode dalam penelitian ini yaitu metode pre-experiment tanpa adanya kelompok pembanding. Penelitian ini mengunakan One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Persiapan Penelitian, Pelaksanaan Penelitian, Memberikan Pre-test dan post test, Mengumpulkan Data dan Analisis Data.  Teknik analisis data menggunakan  t-test dan data satistik yaitu Modus (Mo), Median (Md), Mean (Me). Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SD Inpres Wosia dengan perbedaan rata-rata diperoleh nilai posttest = 77 lebih tinggi dibandingkan nilai pretest = 33, sedangkan thitung = 14.42 > ttabel = 2.228. aka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model Discovery Learning dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Wosia. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JLLS

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes ...