cover
Contact Name
I Nyoman Laba Jayanta
Contact Email
laba.jayanta@undiksha.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
lessonandlearningstudies@gmail.com
Editorial Address
Universitas Pendidikan Ganesha Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116 Telp. +62362-22928
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Journal for Lesson and Learning Studies
ISSN : 26156148     EISSN : 26157330     DOI : https://doi.org/10.23887/jlls
Core Subject : Education,
As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to any age level, from infants to adults and to a diversity of learning and instructional settings, from laboratory experiments to field studies. The major criteria in the review and the selection process concerns the significance of the contribution to the area of learning and instruction. Instruction, learning and teaching, learning environment, teacher education, educational technology, educational development.
Articles 432 Documents
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA Rismawati, Ni W. Rawa; Ganing, Ni Nyoman
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 2, No 3 (2019): October
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v2i3.19509

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping berbantuan media audiovisual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Timur Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperiment dengan bentuk non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV dari 6 sekolah di SD Gugus Dewi Sartika yang terdiri dari 12 kelas dengan jumlah 383 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simpel random sampling. Sampel yang didapatkan yaitu siswa kelas IVB SDN 7 Kesiman berjumlah 27 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IVA SDN 12 Kesiman berjumlah 24 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes objektif pilihan ganda biasa berjumlah 33 butir tes yang telah divalidasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung = 2,332 dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 49 maka diperoleh ttabel = 2,021. Berdasarkan kriteria pengujian, thitung = 2,332 > ttabel = 2,021 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran mind mapping berbantuan media audiovisual dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Timur Tahun Ajaran 2017/2018. Adapun nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA pada kelompok eksperimen yaitu 82,67, sedangkan nilai rata-rata pada kelompok kontrol yaitu 76,63. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran mind mapping berbantuan media audiovisual terhadap kompetensi pengetahuan IPA.
HUBUNGAN LITERASI BACA TULIS DAN MINAT MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA Sari, Putu Ayu Purnama
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 3, No 1 (2020): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i1.24324

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan literasi baca tulis dengan hasil belajar bahasa Indonesia, (2) hubungan minat membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia dan (3) hubungan literasi baca tulis dan minat membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost-facto. Populasi penelitian ini sebanyak 228 siswa dan jumlah sampelnya sebanyak 168 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Data diambil dengan menggunakan kuesioner dan pencatatan dokumen. Data penelitian selanjutnya dianalisis dengan teknik setatistik yaitu, product moment, regresi sederhana  dan regresi ganda. Hasil  analisis hubungan literasi baca tulis dengan hasil belajar bahasa Indonesia menunjukan rhitung=0,087> rtabel = 0,05, artinya terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara literasi baca tulis dengan hasil belajar bahasa Indonesia. Hasil analisis hubungan minat membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia menunjukkan rhitung = 0,079 > rtabel = 0,05, artinya terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara minat membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia. Hasil analisis secara bersama-sama antara literasi baca tulis dan minat membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia menunjukkan rhitung= 0,095 > rtabel= 0,05, artinya terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara literasi baca tulis dan minat membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia.Kata Kunci: Literasi Baca Tulis, Minat Membaca, Hasil Belajar
Pengaruh Active Debate Bermuatan Masalah Dilematis Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Witari, Luh Putu Indah; Putra, Made
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 3, No 2 (2020): July
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i2.27290

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa yang disebabkan karena siswa masih bergantung pada penjelasan yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Active Debate bermuatan masalah dilematis terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas V SD. Jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain Non Equivalen Control Group Design. Populasi penelitian ini berjumlah 265 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes objektif pilihan ganda biasa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, dengan uji-t. Pada analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelompok eksperimen X̅ = 15,22 > X̅= 14,54 rata-rata kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelompok kontrol. Pada analisis statistik inferensial dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians.  Hasil analisis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 3,133, pada taraf signifikansi 5% dan dk = 67 diperoleh ttabel = 1,996. Berdasarkan hasil analisis maka, H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan kompetensi pengetahuan PPKn antara siswa yang di belajarkan dengan active debate bermuatan masalah dilematis dan siswa yang dibelajarkan secara konvensional. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Active Debate bermuatan masalah dilematis terhadap kompetensi pengetahuan PPKn Kelas V SD Gugus Yos Sudarso Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Disarankan kepada peneliti lain untuk menjadikan penelitian ini sebagai rujukan.
An Analysis of EFL Teacher's Lesson Plans for Learning English through Online Learning Platform in Junior High School Larasati, Ni Nyoman Diah Krisna; Tantra, Dewa Komang; Budiarta, Luh Gd Rahayu
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 4, No 1 (2021): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v4i1.34660

Abstract

Learning planning requires the preparation and selection of learning objectives, learning media and resources, learning activities, and assessment instruments. The preparation of lesson plans for online learning through the use of google classroom is a new thing for teachers because teachers do not have experience in preparing online learning lesson plans. The purpose of this study was to analyze the preparation of lesson plans through google classroom based on a scientific approach to the K-13 curriculum. This study uses a qualitative research design, with the device used as an instrument covering aspects that include learning objectives, learning materials, learning activities, media, and learning resources, and learning benefits. The research subject in this study was an English teacher. The results of the study found that the RPP developed by teacher-developed well because the RPP also fulfilled 5 aspects of a complete RPP. Based on the results of the study, it can be said that the RPP developed can be applied in online learning, it has completed the 2013 Curriculum RPP material, and uses Google Classroom as an appropriate platform for online learning.
Pengembangan Media Permainan Kooperatif Merancang Gambar untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Adonis, Fenty
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 3, No 3 (2020): October
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i3.29433

Abstract

Kurangnya penggunaan media pembelajaran dan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan pengembangan sosial siswa, maka diperlukan media dan metode yang dapat memotivasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan media permainan kooperatif merancang gambar untuk meningkatkan perkembangan sosial anak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Reseacrh & Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah validitas media permainan kooperatif merancang gambar untuk meningkatkan perkembangan sosial anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode non-tes yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan 6 guru. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian media. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data statistik kuantitatif. Hasil penelitian ini memperoleh nilai dari validator pakar materi sebesar 82,00%, validator pakar media sebesar 94,00%, hasil perepsi pemakaian produk dari enam orang guru TK sebesar 93,00%. Simpulan penelitian ini adalah media merancang gambar pada permainan kooperatif yang dibuat dinyatakan layak untuk digunakan di taman kanak-kanak sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan perkembangan sosial anak. Implikasi penelitian ini adalah melatih keberanian, menarik perhatian anak untuk membuat suasana kelas menjadi hidup, anak dapat menghayati suatu peristiwa, anak dilatih untuk menyusun pikirannya dengan teratur, dan mendorong minat anak untuk belajar.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK Novellia, Marda
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 1, No 2 (2018): July
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v1i2.14760

Abstract

This research is a Classroom Action Research (PTK) which aims to improve the ability of creative thinking and student learning outcomes fourth grade SD Negeri Mangunsari 03 Salatiga. Problems encountered in the learning process include students tend to be less active, monotonous learning, most students tend not to ask questions and some students' creative thinking ability is still not seen. To overcome these problems, the researcher conducted a class action research related to the application of Problem Based Learning (PBL) learning model to improve creative creativity and learning result of fourth grade students of SD Negeri Mangunsari 03 Salatiga on Theme 7 Subtema 2 and 3 semesters II. The study consists of two cycles, each cycle consisting of three meetings each consisting of action planning, action execution, observation, and reflection and evaluation. The data in this research is obtained from observation, document study, and test. Improvement of students 'creative thinking ability can be shown pre-cycle percentage of students' creative thinking ability 71,06% then increase in cycle I with percentage 86,84% again increase in cycle II with percentage 89,47%. While the result of student learning in pre cycle with percentage 55,26% increase in cycle I with percentage 78,94% and in cycle II again increase with percentage 86,84%. Thus, with the application of Problem Based Learning (PBL) model proved able to improve the ability of creative thinking and learning outcomes of fourth grade students of SD Negeri Mangunsari 03 Salatiga in Theme 7 Subtema 2 and 3.
Media Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Pecahan dengan Pendekatan Kontekstual Widyaputri, Putu Nia Sri; Agustika, Gusti Ngurah Sastra
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 4, No 1 (2021): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v4i1.32741

Abstract

Kurangnya kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis teknologi yang mengintegrasikan pendekatan pembelajaran didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual yang sudah teruji validitasnya pada pokok bahasan pecahan kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan mode ASSURE dengan tahapan yaitu (analyze learner, state standars and objectives, select strategies, technology, media and materials, utilize technology, media and materials, require learner participation, evaluate and revise). Subjek uji coba perorangan menggunakan tiga orang peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan ialah berupa kuesioner atau angket. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Dalam penelitian pengembangan ini, metode dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil hasil review ahli materi pembelajaran menunjukan media video animasi sangat baik dengan persentase 91,67%, hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan media sangat baik dengan persentase 95,00%, hasil review ahli media menunjukkan media sangat baik dengan persentase 91,67%, hasil uji perorangan menunjukkan media sangat baik dengan persentase 93,17%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan pecahan dapat dikatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
PENGGUNAAN ALAT PERAGA DAN METODE DEMONTRASI DALAM MATERI MATRIKS KELAS X IPA 1 UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA Amanah, Aam Siti
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 3, No 1 (2020): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i1.24246

Abstract

Tidak dapat dipungkiri bahwa pendidikan adalah suatu kebutuhan mutlak yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Dalam kehidupan sehari-hari tidak lepas dari pendidikan. Salah satu tujuan hidup manusia adalah untuk mencapai kemajuan, yaitu pendidikan. Untuk memajukan kehidupannya maka pendidikan merupakan sarana yang perlu dimiliki dan dikelola oleh manusia. Rumusan Masalah dalam PTK ini yaitu: Bagaimana Penggunaan alat peraga dan metode demontrasi dalam Materi Matriks Kelas X IPA 1 untuk meningkatkan pemahaman siswa di MA Negeri 2 Kuningan Kabupaten Kuningan LTahun Pelajaran 2019/2020” Adapun Tujuan penelitia tindakan kelas ini adalah Untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai Matriks. Pemecahan masalah pembelajaran dilaksanakan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terhadap siswa Kelas X IPA 1 MA Negeri 2 Kuningan Kabupaten Kuningan LTahun Pelajaran 2019/2020 dalam proses berdaur (siklus). Pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga sederhana dan metode demontrasi. Ternyata hasilnya ada peningkatan, hal ini terlihat dari tes yang diberikan pada akhir siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika tentang penyajian Matriks  dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan pemahaman siswa Kelas X IPA 1 MA Negeri 2 Kuningan Kabupaten Kuningan LTahun Pelajaran 2019/2020.Kata Kunci: Penggunaan Alat Peraga, Metode Demonstrasi, Materi Matriks
Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran IPA) pada Siswa Kelas IV SD Dewi, Widya Puspita; Bayu, Gede Wira; Aspini, Ni Nyoman Arca
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 4, No 2 (2021): July
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v4i2.36859

Abstract

Rendahnya hasil belajar tematik (muatan pelajaran IPA) siswa disebabkan oleh kurangnya motivasi siswa terhadap pembelajaran tematik (muatan pelajaran IPA), model pembelajaram yang kurang inovatif dan kurangnya keterkaitan antara materi pembelajaran dengan kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar tematik (muatan pelajaran IPA) pada siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang  dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengumpulan data, refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 19 orang. Objek penelitian adalah hasil belajar tematik (muatan pelajaran IPA). Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik (muatan pelajaran IPA) siswa kelas IV. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar siswa pada prasiklus dengan nilai rata-rata sebesar 56,8 yang berada pada kategori sangat rendah, siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 57,9 yang berada pada kategori rendah dan pada siklus II peningkatan rata-rata 71,1 dan ketuntasan belajar 73,9% dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik (muatan pelajaran IPA) siswa kelas IV.
PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK BERGAMBAR DENGAN INSERSI BUDAYA LOKAL BALI TERHADAP MINAT BACA DAN SIKAP SISWA KELAS V SD KURIKULUM 2013 Aditya Dharma, I Md.
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 2, No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v2i1.17321

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) mengembangkan buku cerita anak berdasarkan muatan sikap dan muatan pembelajaran pada subtema Manusia dan Lingkungan kurikulum 2013, dengan menginsersi budaya lokal Bali yang relevan; serta 2) untuk mengetahui efektivitas buku cerita yang dihasilkan tersebut sebagai pendamping buku pelajaran K-13 dalam pembelajaran. Penelitian ini mengembangkan prototipe tersebut melalui tiga tahapan yaitu Development, Implementatian, dan Evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah 2 orang ahli, 2 orang guru kelas V dan 26 orang siswa kelas V Sekolah Dasar. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner untuk minat baca dan sikap. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) buku cerita berjudul “Pesona Pantaiku Pantai Lovina” memuat sikap spiritual, sikap sosial, dan muatan pembelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan SBdP serta terdapat budaya lokal yang mendukung seperti kewajiban bersembahyang Mebanten Canang, mengucapkan salam Om Swastyastu, permainan tradisional Mecongklak dan bernyanyi Made Cenik. Berdasarkan hasil penilaian para ahli, diperoleh kualitas dan kesesuaian buku cerita “Pesona Pantaiku Pantai Lovina” tergolong sangat baik. (2) Melalui uji coba, diperoleh efektivitas penggunaan buku cerita “Pesona Pantaiku Pantai Lovina” terhadap sikap siswa sebesar 8,13 tergolong sangat efektif; terhadap minat baca siswa sebesar 5,33 tergolong sangat efektif; dan terhadap hasil belajar siswa sebesar 2,69 tergolong sangat efektif.Kata kunci: budaya lokal Bali, buku cerita, sikap, minat baca

Page 1 of 44 | Total Record : 432