Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan nasabah dan kepercayaan nasabah terhadap komitmen nasabah PT Pegadaian. Penelitian ini dilakukan pada PT Pegadaian Cabang Tarandam Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah PT Pegadaian Cabang Tarandam Kota Padang pada tahun 2018 dengan total 24.262 nasabah. Sementara sampel dalam penelitian ini menggunakan formula slovin diperoleh sampel sebanyak 100 orang nasabah. Metoda analisis yang digunakan terdiri dari regresi linier berganda, koefisien uji hipotesis t dan F. Secara parsial variabel kepuasan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap komitmen nasabah. Sedangkan variabel kepercayaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap komitmen nasabah. Secara simultan variabel kepuasan dan kepercayaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap komitmen nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai R² 0,720, hal ini berarti 72% variasi komitmen dapat dijelaskan oleh variasi dari kedua variabel independen kepuasan dan kepercayaan. Sedangkan sisanya 28% dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Copyrights © 2021