Matua Jurnal
Vol. 3 No. 4 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Desember 2021)

ANALISIS PENGARUH KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KOMITMEN NASABAH : (Studi Pada Nasabah PT Pegadaian Cabang Tarandam Kota Padang)

Suhatsyah (Unknown)
Bakkareng (Unknown)
Tifani Ratu Firdaus (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan nasabah dan kepercayaan nasabah terhadap komitmen nasabah PT Pegadaian. Penelitian ini dilakukan pada PT Pegadaian Cabang Tarandam Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah PT Pegadaian Cabang Tarandam Kota Padang pada tahun 2018 dengan total 24.262 nasabah. Sementara sampel dalam penelitian ini menggunakan formula slovin diperoleh sampel sebanyak 100 orang nasabah. Metoda analisis yang digunakan terdiri dari regresi linier berganda, koefisien uji hipotesis t dan F. Secara parsial variabel kepuasan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap komitmen nasabah. Sedangkan variabel kepercayaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap komitmen nasabah. Secara simultan variabel kepuasan dan kepercayaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap komitmen nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai R² 0,720, hal ini berarti 72% variasi komitmen dapat dijelaskan oleh variasi dari kedua variabel independen kepuasan dan kepercayaan. Sedangkan sisanya 28% dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

MJ

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Matua Jurnal diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan LPPM Universitas Ekasakti untuk menyebarluaskan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari dalam dan luar Ekonomi Universitas Ekasakti. Jurnal ini berisi penulisan hasil media ilmiah pengembangan dan penyebarluasan pengkajian gagasan, ...