Matua Jurnal
Vol. 3 No. 4 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Desember 2021)

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TIKET TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING : (Studi Pada PT Kereta Api Divisi Regional II Sumatera Barat)

Nofi Zahara (Unknown)
Salfadri (Unknown)
Meri Dwi Anggaraini (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga tiket terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening studi pada Kereta Api Divisi Regional II Sumatera Barat secara parsial dan simultan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan riset lapangan dan riset Pustaka. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dan path analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). kualitas pelayanan dan harga tiket berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai F hitung sebesar 45.020 > nilai F tabel 2.70. 2) kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai t hitung 2.392 > t tabel 1.984 dan nilai signifikan 0.019. 3) Harga tiket berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai t hitung 6.744 > t tabel 1.984 dengan nilai signifikan 0.000. 4). Kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai t hitung 4.478 > t tabel 1.984 dan nilai signifikan 0.000. 5) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t hitung 2.046 > 1.984 dengan nilai signifikan 0.043. 6). Harga tiket berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t hitung 4.327 > 1.984 dengan nilai signifikan 0,000. 7). kualitas pelayanan berpengaruh terhadap terhadap kepuasan konsumen melalui kepuasan konsumen dengan nilai pengaruh tidak langsung lebih kecil dari nilai pengaruh langsung melalui variabel intervening 0,186 > 0,062. 8). harga tiket berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen dengan nilai pengaruh tidak langsung lebih kecil dari nilai pengaruh langsung melalui variabel intervening 0,394 > 0,132.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

MJ

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Matua Jurnal diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan LPPM Universitas Ekasakti untuk menyebarluaskan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari dalam dan luar Ekonomi Universitas Ekasakti. Jurnal ini berisi penulisan hasil media ilmiah pengembangan dan penyebarluasan pengkajian gagasan, ...