ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika
Vol. 2 No. 2 (2021): ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika

Pengembangan Modul Matematika Berbasis Masalah dalam Menumbuhkan Kemampuan Penalaran Siswa Pada Materi Perbandingan Kelas VII

Dini Mufidati (UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)
Mohammad Mukhlis (UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2021

Abstract

Modul merupakan bahan ajar yang disusun secara sistematis dengan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik sesuai tingkat pengetahuan dan usia, agar peserta didik dapat belajar secara mandiri dengan bantuan atau bimbingan yang minimal dari pendidik. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD). Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Penelitian ini hanya sampai pada tahap Development dikarenakan pandemi covid-19, sehingga siswa tidak melaksanakan pembelajaran secara tatap muka namun pembelajaran secara daring. Berdasarkan masalah tersebut penelitian ini hanya menggunakan ADD yaitu; (1) Analysis (2) Design (3) Development. Hasil kevalidan dilakukan oleh 3 validator, yaitu ahli materi memberikan skor 80%, ahli desain memberikan skor 89%, ahli pendidikan matematika memberikan skor 84%. Berdasarkan analisis kevalidan menunjukkan rata-rata keseluruhan 84,3% dengan kriteria valid dan dapat digunakan namun dengan perbaikan kecil.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

arm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika adalah jurnal dengan peninjauan sebaya dan diterbitkan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Matematika FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian Matematika, baik kajian literatur maupun ...