Kualitas lembaga pendidikan penting untuk diperhatikan karena sebagai tempat untuk mencetak generasi bangsa. Kualitas lembaga pendidikan ditentukan oleh seberapa bagus kinerja dari gurunya. Peran guru sangat penting karena bukan saja mengajarkan ilmu tetapi juga membina karakter siswa. Sementara itu, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sekolah Muhammadiyah di Kota Tarakan. Sampel penelitian berjumlah 92 guru berdasarkan perhitungan sampel menggunakan rumus Isaac dan Michael dengan teknik pengambilan sampel acak sederhana. Instrumen yang digunakan adalah angket. Data penelitian diolah menggunakan analisis linier berganda dan ditabulasi dengan program IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja, sedangkan kecerdasan spiritual tidak berpengaruh terhadap kinerja.
Copyrights © 2021