Jurnal Sains dan Edukasi Sains
Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Sains dan Edukasi Sains

Metode Fuzzy AHP (Analytical Hierarchy Process) untuk Pemilihan Metode Pembelajaran Demi Menunjang Pembelajaran Matematika

Adhina Rizkillah Harahap (Diponegoro University)
Nonny Helena Maria Simbolon (Universitas Diponegoro)
Rachel Alisia Agata (Universitas Diponegoro)
Sunarsih Sunarsih (Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2022

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang patut diprioritaskan dan diperhatikan demi melahirkan generasi yang berkualitas. Terdapat banyak pelajaran dan fokus yang disediakan oleh sekolah salah satunya matematika. Matematika sering dijadikan sebagai mata pelajaran yang paling sulit dan susah dipahami bagi siswa-siswi. Pemahaman sangat dibutuhkan oleh seorang siswa sebagai bukti bahwa mereka telah memahami pembelajaran yang mereka lakukan terutama pada pembelajaran matematika. Namun, sering sekali tenaga pengajar bingung dalam menentukan metode pembelajaran yang tepat untuk siswa. Guru SD mengalami kesulitan dalam menentukan metode pembelajaran matematika yang tepat bagi siswa kelas 4, kelas 5 dan kelas 6. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan metode pembelajaran matematika yang tepat yaitu dengan menggunakan FAHP (Fuzzy Analytical Hierarchy Process). Metode ini yang merupakan salah satu metode pemeringkatan dan gabungan antara metode AHP (Analytical Hierarchy Process) dengan konsep fuzzy. FAHP merupakan metode pengembangan dari metode AHP yaitu dengan permasalahan terhadap kriteria yang memiliki sifat subjektif lebih banyak. Pembahasanan dilakukan dengan perhitungan matriks perbandingan antar kriteria utama dan pembobotan dengan FAHP. Pada kriteria utama, kriteria pemahaman ekstrapolasi (E) memiliki bobot prioritas paling tinggi, yaitu 44,9%. Hal ini menunjukkan bahwa kriteria utama pemahaman ekstrapolasi adalah yang paling berpengaruh dalam tingkat kepahaman siswa dalam pembelajaran matematika. Hasil yang diperoleh dapat menjadi pertimbangan agar dapat memilih metode pembelajaran yang tepat dan meningkatkan kriteria maupun subkriteria yang masih memiliki bobot prioritas yang rendah. Hal ini bertujuan supaya dapat meningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika di SD.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

juses

Publisher

Subject

Education Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Other

Description

The Jurnal Sains dan Edukasi Sains (JuSES) is open access and peer-reviewed journal publishing in Indonesian. It aims to publish academic articles such as original articles and review articles of conceptual, experimental, theoretical, and applied in the field of Mathematics and Natural Sciences from ...