Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari 2022

Pengembangan E-Modul Orientasi Masalah Berbasis Sigil Software untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik pada Materi Pokok Fluida Statik Kelas XI SMA/MA

Saputra, Rizal (Unknown)
M, Hunaidah (Unknown)
Rufa Mongkito, Vivi Hastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2022

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul orientasi masalah berbasis sigil software untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada materi pokok fluida statik kelas XI SMA/MA yang valid, efektif, dan praktis sebagai bahan ajar. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian model Four-D Thiagarajan (1974:5) yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap Define (pendefinisian), tahap Design (desain/perancangan), tahap Develop (pengembangan), dan tahap Disseminate (penyebaran). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 13 peserta didik kelas XI MA Lapokainse. Pengumpulan data penelitian ini diperoleh berdasarkan hasil observasi, tes, dan pemberian angket. Kevalidan e-modul orientasi masalah berbasis sigil software dilihat dari hasil validasi aspek konstruk dan isi oleh tiga orang validator. Untuk mengetahui keefektifan e-modul, peserta didik diberikan pretest dan posttest dalam pembelajaran. Adapun kepraktisan e-modul diperoleh dari respon peserta didik dan guru terhadap e-modul orientasi masalah berbasis sigil software yang telah dikembangkan. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) e-modul orientasi masalah berbasis sigil software dinyatakan valid baik dari segi konstruk maupun segi isi dengan nilai indeks kesepakatan akhir sebesar 0,90 dengan kategori “Sangat valid”, (2) e-modul orientasi masalah berbasis sigil software dinyatakan efektif berdasarkan hasil pretest dan posttest peningkatan penguasaan konsep peserta didik dengan nilai n-gain sebesar 0,57 berkategori “Sedang”, (3) e-modul orientasi masalah berbasis sigil dinyatakan praktis berdasarkan hasil tanggapan peserta didik dan hasil tanggapan guru dengan skor masing-masing sebesar 96.7% dan 97% yang berkategori “Baik sekali”. Kesimpulan yang diperoleh bahwa e-modul orientasi masalah berbasis sigil software pada materi pokok fluida statik layak digunakan karena memenuhi kriteria valid, efektif, dan praktis

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPFI

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika is a Scientific Journal published by the Jurusan Pendidikan Fisika of the Teaching and Education Faculty of Halu Oleo University with a period of 4 (four) times a year, namely the January, April, July and November periods. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika ...